Prasetyo, Mohammad (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMAN 1 MUKOMUKO. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Skripsi)
MOHAMMAD PRASETYO_ 2187203035_Fulltext.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
MOHAMMAD PRASETYO_ 2187203035_Turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
|
Text (Abstrak+BAB 1)
MOHAMMAD PRASETYO_ 2187203035_Abstrak+BAB 1.pdf - Submitted Version Download (751kB) |
|
|
Text (BAB 2)
MOHAMMAD PRASETYO_ 2187203035_BAB 2.pdf - Submitted Version Download (354kB) |
|
|
Text (BAB 3)
MOHAMMAD PRASETYO_ 2187203035_BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (456kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
MOHAMMAD PRASETYO_ 2187203035_BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (489kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
MOHAMMAD PRASETYO_ 2187203035_BAB 5.pdf - Submitted Version Download (200kB) |
|
|
Text (Ref+Lamp)
MOHAMMAD PRASETYO_ 2187203035_Reff+Lamp.pdf - Submitted Version Download (728kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X.E9 SMAN 1 Mukomuko. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah 32 peserta didik yang terdiri dari 11 laki-laki dan 21 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar (pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1.) Penerapan model problem based learning (PBL) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. 2.) Hasil belajar siklus I nilai rata-rata pre-test 73,13 dan post-test 77,97 siklus II pre-test 78,13 dan post-test 82,97 siklus III pre-test 83,13 dan post-test 90,16. 3.) penerapan model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar dengan nilai 77,79 pada siklus I, siklus II sebesar 82,97 dan pada siklus III sebesar 90,16
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Drs. Zufiyardi, M.Pd & Drs. Sazili, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, hasil belajar, aktivitas belajar, Penelitian Tindakan Kelas. |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi |
| Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mrs Atika Ledia Anggraini |
| Date Deposited: | 23 Aug 2025 02:05 |
| Last Modified: | 23 Aug 2025 02:05 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1403 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

