PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMAN 1 MUKOMUKO

Prasetyo, Mohammad (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMAN 1 MUKOMUKO. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
MOHAMMAD PRASETYO_ 2187203035_Fulltext.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
MOHAMMAD PRASETYO_ 2187203035_Turnitin.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak+BAB 1)
MOHAMMAD PRASETYO_ 2187203035_Abstrak+BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (751kB)
[img] Text (BAB 2)
MOHAMMAD PRASETYO_ 2187203035_BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (354kB)
[img] Text (BAB 3)
MOHAMMAD PRASETYO_ 2187203035_BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
MOHAMMAD PRASETYO_ 2187203035_BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
MOHAMMAD PRASETYO_ 2187203035_BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (200kB)
[img] Text (Ref+Lamp)
MOHAMMAD PRASETYO_ 2187203035_Reff+Lamp.pdf - Submitted Version

Download (728kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X.E9 SMAN 1 Mukomuko. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah 32 peserta didik yang terdiri dari 11 laki-laki dan 21 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar (pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1.) Penerapan model problem based learning (PBL) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. 2.) Hasil belajar siklus I nilai rata-rata pre-test 73,13 dan post-test 77,97 siklus II pre-test 78,13 dan post-test 82,97 siklus III pre-test 83,13 dan post-test 90,16. 3.) penerapan model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar dengan nilai 77,79 pada siklus I, siklus II sebesar 82,97 dan pada siklus III sebesar 90,16

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing : Drs. Zufiyardi, M.Pd & Drs. Sazili, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, hasil belajar, aktivitas belajar, Penelitian Tindakan Kelas.
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Atika Ledia Anggraini
Date Deposited: 23 Aug 2025 02:05
Last Modified: 23 Aug 2025 02:05
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1403

Actions (login required)

View Item View Item