KPI STUDY PROGRAM STUDENTS’ PERCEPTION TOWARD SELF DIRECTED LEARNING READINESS ON STUDYING GENERAL ENGLISH COURSES IN 2024 ACADEMIC YEAR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

IHSANI, IFFAH TSABITA (2025) KPI STUDY PROGRAM STUDENTS’ PERCEPTION TOWARD SELF DIRECTED LEARNING READINESS ON STUDYING GENERAL ENGLISH COURSES IN 2024 ACADEMIC YEAR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Fulltext)
IFFAH TSABITA IHSANI_1988203001_Fulltext.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
IFFAH TSABITA IHSANI_1988203001_Turnitin.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK + BAB 1)
IFFAH TSABITA IHSANI_1988203001_Abstrak+BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (831kB)
[img] Text (BAB 2)
IFFAH TSABITA IHSANI_1988203001_BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (214kB)
[img] Text (BAB 3)
IFFAH TSABITA IHSANI_1988203001_BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
IFFAH TSABITA IHSANI_1988203001_BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
IFFAH TSABITA IHSANI_1988203001_BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (156kB)
[img] Text (Ref + Lamp)
IFFAH TSABITA IHSANI_1988203001_Ref+Lamp.pdf - Submitted Version

Download (420kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa KPI terhadap kesiapan pembelajaran mandiri dalam mempelajari Mata Kuliah Bahasa Inggris Umum pada Tahun Akademik 2024 di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Dalam penelitian ini, sampel terdiri dari semua mahasiswa KPI Universitas Muhammadiyah Bengkulu yang terdaftar dalam Mata Kuliah Bahasa Inggris Umum pada Tahun Akademik 2023/2024. Jumlah sampel adalah 40 mahasiswa yang dibagi menjadi dua kelas. Kuesioner dan wawancara digunakan sebagai instrumen penelitian dalam studi ini. Kuesioner tentang persepsi mahasiswa terhadap kesiapan diadaptasi dari Maddox et al (2000) yang dibagi menjadi tiga indikator; Kesiapan Emotif-Attitudinal, Kesiapan Kognitif, dan Kesiapan Perilaku. Penelitian ini mengungkapkan bahwa persepsi mahasiswa KPI terhadap kesiapan pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Umum di Universitas Muhammadiyah Bengkulu adalah positif. Penelitian ini mengungkapkan bahwa persepsi mahasiswa KPI terhadap kesiapan dalam Kursus Bahasa Inggris Umum Universitas Muhammadiyah Bengkulu adalah positif. Hasil penelitian menemukan bahwa kesiapan perilaku memiliki persentase terendah dibandingkan dengan kesiapan kognitif dan kesiapan emosi-emosional. Ini menunjukkan bahwa, meskipun mahasiswa mungkin merasa siap secara intelektual (kesiapan kognitif) dan memiliki sikap positif atau termotivasi secara emosional (kesiapan emosiemosional) untuk belajar, mereka cenderung kurang terlibat secara konsisten dalam perilaku proaktif yang diperlukan untuk pembelajaran yang efektif. Untuk penelitian lebih lanjut yang tertarik untuk melakukan bidang penelitian serupa terkait persepsi kesiapan mahasiswa dalam pembelajaran kursus Bahasa Inggris umum, disarankan untuk memiliki jumlah sampel yang luas.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing : Ivan Achmad Nurcholis, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Kesiapan, Mata Kuliah Bahasa Inggris Umum
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88203-(S1) Pendidikan Bahasa Inggris
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88203-(S1) Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88203-(S1) Pendidikan Bahasa Inggris
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88203-(S1) Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mrs Hildayani Hildayani
Date Deposited: 24 Oct 2025 03:53
Last Modified: 24 Oct 2025 03:53
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/2240

Actions (login required)

View Item View Item