PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

JUNITA, TIARA (2025) PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Fulltext)
TIARA JUNITA_2187203036_Fulltext.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
TIARA JUNITA_2187203036_Turnitin.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK + BAB 1)
TIARA JUNITA_2187203036_Abstrak+BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
TIARA JUNITA_2187203036 _BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (379kB)
[img] Text (BAB 3)
TIARA JUNITA_2187203036 _BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
TIARA JUNITA_2187203036 _BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
TIARA JUNITA_2187203036 _BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (164kB)
[img] Text (Ref + Lamp)
TIARA JUNITA_2187203036 _Reff+Lamp.pdf - Submitted Version

Download (630kB)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Adapun populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu angkatan 2021-2024 sebanyak 115 mahasiswa dan sampel sebanyak 53 mahasiswa dengan menggunakan teknik startified random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Tingkat literasi digital Mahasiswa sebagian besar tergolong baik (58,49%) dan sangat baik (35,49%). 2) Tingkat kemandirian belajar Mahasiswa sebagian besar tergolong tinggi (62,26%) dan sangat tinggi (26,41%). 3) Hasil belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi sebanyak 100% dengan kategori sangat baik. 4) Literasi digital dan kemandirian belajar secara signifikan berpengaruh terhadap hasil belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Hal ini ditunjukkan dari hasil nilai Fhitung sebesar 14,474 dan Ftabel pada taraf signifikan 5% sebesar 3,18. Apabila Fhitung lebih besar dari Ftabel maka Ho di tolak dan Ha di terima (14,474>3,18) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara literasi digital dan kemandirian terhadap hasil belajar mahasiswa. Selanjutnya pengujian koefisien determinan r2 = 0,367 atau 36,7% literasi digital dan kemandirian belajar mempengaruhi hasil belajar, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain sebesar63,3 %

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Bahrin, M.Si Pembimbing 2 : Drs. Herwan MDK
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital,Kemandirian Belajar,Hasil Belajar
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Hildayani Hildayani
Date Deposited: 26 Sep 2025 06:39
Last Modified: 26 Sep 2025 06:39
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1631

Actions (login required)

View Item View Item