PUTRA, PILI ANGGA (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 7 BENGKULU SELATAN. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
PILI ANGGA PUTRA_2188201071_Fulltext.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
PILI ANGGA PUTRA_2188201071_Turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK + BAB 1)
PILI ANGGA PUTRA_2188201071_Abstrak+BAB 1.pdf - Submitted Version Download (413kB) |
|
|
Text (BAB 2)
PILI ANGGA PUTRA_2188201071_BAB 2.pdf - Submitted Version Download (160kB) |
|
|
Text (BAB 3)
PILI ANGGA PUTRA_2188201071_BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (51kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
PILI ANGGA PUTRA_2188201071_BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
PILI ANGGA PUTRA_2188201071_BAB 5.pdf - Submitted Version Download (7kB) |
|
|
Text (Ref + Lamp)
PILI ANGGA PUTRA_2188201071_Reff+Lamp.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 7 Bengkulu Selatan. Program ini merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka yang menekankan penguatan karakter peserta didik melalui enam dimensi utama: beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program dilakukan melalui tiga tahap pembelajaran: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, guru menyusun modul ajar yang mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila ke dalam materi Bahasa Indonesia. Pada tahap pelaksanaan, pembelajaran dilakukan secara kontekstual, aktif, dan kolaboratif yang mendorong penginternalisasian nilai-nilai karakter. Sedangkan pada tahap evaluasi, penilaian dilakukan tidak hanya terhadap aspek kognitif, tetapi juga aspek sikap dan perilaku siswa. Kendala dalam pelaksanaan program meliputi pemahaman guru yang bervariasi, keterbatasan waktu, dan kurangnya pelatihan teknis. Meski demikian, program ini terbukti memberikan kontribusi positif terhadap pembentukan karakter siswa dan peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan berkelanjutan bagi guru dan penguatan dukungan dari seluruh ekosistem sekolah untuk keberhasilan implementasi program secara optimal.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Man Hakim, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | : Pancasila Student Profile, Indonesian Language Learning, Character Education, Merdeka Curriculum |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-(S1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-(S1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-(S1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-(S1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Hildayani Hildayani |
| Date Deposited: | 26 Sep 2025 06:29 |
| Last Modified: | 26 Sep 2025 06:29 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1626 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

