IMPLEMENTASI PROGRAM PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 7 BENGKULU SELATAN

PUTRA, PILI ANGGA (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 7 BENGKULU SELATAN. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Fulltext)
PILI ANGGA PUTRA_2188201071_Fulltext.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
PILI ANGGA PUTRA_2188201071_Turnitin.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK + BAB 1)
PILI ANGGA PUTRA_2188201071_Abstrak+BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (413kB)
[img] Text (BAB 2)
PILI ANGGA PUTRA_2188201071_BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (160kB)
[img] Text (BAB 3)
PILI ANGGA PUTRA_2188201071_BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
PILI ANGGA PUTRA_2188201071_BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
PILI ANGGA PUTRA_2188201071_BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (7kB)
[img] Text (Ref + Lamp)
PILI ANGGA PUTRA_2188201071_Reff+Lamp.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 7 Bengkulu Selatan. Program ini merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka yang menekankan penguatan karakter peserta didik melalui enam dimensi utama: beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program dilakukan melalui tiga tahap pembelajaran: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, guru menyusun modul ajar yang mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila ke dalam materi Bahasa Indonesia. Pada tahap pelaksanaan, pembelajaran dilakukan secara kontekstual, aktif, dan kolaboratif yang mendorong penginternalisasian nilai-nilai karakter. Sedangkan pada tahap evaluasi, penilaian dilakukan tidak hanya terhadap aspek kognitif, tetapi juga aspek sikap dan perilaku siswa. Kendala dalam pelaksanaan program meliputi pemahaman guru yang bervariasi, keterbatasan waktu, dan kurangnya pelatihan teknis. Meski demikian, program ini terbukti memberikan kontribusi positif terhadap pembentukan karakter siswa dan peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan berkelanjutan bagi guru dan penguatan dukungan dari seluruh ekosistem sekolah untuk keberhasilan implementasi program secara optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing : Man Hakim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: : Pancasila Student Profile, Indonesian Language Learning, Character Education, Merdeka Curriculum
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-(S1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-(S1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-(S1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-(S1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Hildayani Hildayani
Date Deposited: 26 Sep 2025 06:29
Last Modified: 26 Sep 2025 06:29
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1626

Actions (login required)

View Item View Item