BAHAN AJAR MODUL MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DI KELAS X MAN 2 KEPAHIANG TESIS

MELIANDA, OKI (2025) BAHAN AJAR MODUL MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DI KELAS X MAN 2 KEPAHIANG TESIS. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Fulltext)
TESIS OKI MELIANDA_23882113014_FULLTEXT.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
OKI MELIANDA_2388113014_TURNITIN .pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK + BAB 1)
OKI MELIANDA_2388113014_ABSTRAK+BAB I.pdf - Submitted Version

Download (904kB)
[img] Text (BAB 2)
OKI MELIANDA_2388113014_BAB II.pdf - Submitted Version

Download (873kB)
[img] Text (BAB 3)
OKI MELIANDA_2388113014_BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
OKI MELIANDA_2388113014_BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
OKI MELIANDA_2388113014_BAB V.pdf - Submitted Version

Download (298kB)
[img] Text (Ref + Lamp)
OKI MELIANDA_2388113014_DAPUS+LAMP.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan unruk mengembangkan bahan ajar modul menulis teks laporan basil observasi berbasis Project Based Learning (PjBL) bagi siswa kelas X MAN 2 Kepahiang. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks laporan basil observasi serta minimnya bahan ajar yang kontekstual dan inovatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan mampu meningkatkan keterampilan menulis siswa secara signifikan. Siswa menjadi lebih aktif, kreatif, dan kolaboratif dalam menyusun teks laporan basil observasi. Selain itu, pendekatan berbasis proyek mendorong penguatan keterampilan abad ke-21 seperti berpikir kritis, komunikasi, dan kerja sama tim. Bahan ajar ini juga memberikan pengalaman belajar yang bermakna, menyenangkan, dan sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing : Elyusra Tomi Hidayat2 .
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, teks laporan hasil observasi, project based learning
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-(S1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-(S1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-(S1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-(S1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Hildayani Hildayani
Date Deposited: 24 Sep 2025 05:15
Last Modified: 24 Sep 2025 05:15
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1499

Actions (login required)

View Item View Item