ANDRIANI, MELATIANA (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA MUHAMMADIYAH 4 KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
MELATIANA ANDRIANI_2187203033_Fulltext.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
MELAIANA ANDRIANI_2187203033_Turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (19MB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK + BAB 1)
MELATIANA ANDRIANI_2187203033_ABSTRAK + BAB 1.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
|
Text (BAB 2)
MELATIANA ANDRIANI_2187203033_BAB II.pdf - Submitted Version Download (544kB) |
|
|
Text (BAB 3)
MELATIANA ANDRIANI_2187203033_BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (525kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
MELATIANA ANDRIANI_2187203033_BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (738kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
MELATIANA ANDRIANI_2187203033_BAB V.pdf - Submitted Version Download (253kB) |
|
|
Text (Ref + Lamp)
MELATIANA ANDRIANI_2187203033_Reff + Lamp.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kriteria penilaian efektivitas belajar seperti sangat baik, baik, cukup, kurang dan menghitung ada tidaknya peningkatan efektivitas belajar siswa dengan Uji t. Hasil penelitian terbukti dari hasil siklus I rata-rata efektivitas belajar siswa hanya 29,12 dengan kriteria cukup dan hasil siklus II rata-rata efektivitas belajar siswa hanya meningkat menjadi 44,18 dengan kriteria baik dan hasil analisis yang telah dilakukan dengan menggunakan uji t pada taraf signifikan dan derajat kebebasan 15 menujukan bahwa t hitung =4,71 ≥ t tabel 2,131 artinya terlihat bahwa adanya peningkatan efektivitas belajar siswa yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : 1. Dra. Suharmi, M.Pd 2. Drs, Zupiardi, M.Pd |
| Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning (PBL), Efektivitas Belajar |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mrs Hildayani Hildayani |
| Date Deposited: | 22 Sep 2025 04:19 |
| Last Modified: | 22 Sep 2025 04:19 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1495 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

