Irianto, Yeri Putra (2025) ANALISIS PELAYANAN CYBER PUBLIC RELATION DI KANTOR SAMSAT PROVINSI BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Fulltext)
YERI PUTRA IRIANTO_1870300038_ Fulltext.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Turnitin)
YERI PUTRA IRIANTO_1870300038_ Turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (711kB) | Request a copy |
![]() |
Text (ABSTRAK + BAB 1)
YERI PUTRA IRIANTO_1870300038_ Abstrak & BAB 1.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
YERI PUTRA IRIANTO_1870300038_ BAB 2.pdf - Submitted Version Download (158kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
YERI PUTRA IRIANTO_1870300038_ BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
YERI PUTRA IRIANTO_1870300038_ BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (158kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
YERI PUTRA IRIANTO_1870300038_ BAB 5.pdf - Submitted Version Download (47kB) |
![]() |
Text (Ref + Lamp)
YERI PUTRA IRIANTO_1870300038_. Referensi & Lampiran.pdf - Submitted Version Download (579kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pelayanan cyber public relation di kantor samsat Provinsi Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Observasi, wawancara dan dokumentasi. Aktivitas analisis data terdiri dari data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti bahwasannya pelayanan cyber relation di kantor samsat Provinsi Bengkulu yaitu tersedianya ruang tunggu yang nyaman dan aman, serta petugas memberikan pelayanan yang sopan dan ramah. Media cyber yang digunakan adalah facebook dan instagram, dimana yang mengelola adalah protocol dan komunikasi pimpinan samsat. Prosedur apa yang ada di pemerintah daerah dalam menyebarkan informasi, informan menjelaskan bahwa adanya kerjasama di 10 media, itu terdiri dari 2 media elektronik RB TV dengan BE TV, yang media cetak Rakyat Bengkulu, Bengkulu Ekspress, Radar Selatan, Radar Bengkulu, Radar Kaur, Radar Seluma dan sisanya media online, website, facebook dan instagram online. Pelayanan cyber Kantor Samsat Provinsi Bengkulu semuanya sudah berada di era digitalisasi, era revolusi industri dan semuanya sudah berbasis internet. Fokus dari pelayanan cyber public relation dalam mewujudkan pelayanan yang baik adalah mengawal publikasi. Dari sisi kinerjanya memang pelayanan belum maksimal, karena dari sumberdaya manusianya masih terbatas.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Rosidin, S.Sos, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan, Cyber Public Relation. |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-(S1) Administrasi Publik 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-(S1) Administrasi Publik |
Divisions: | 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-(S1) Administrasi Publik Subjek Terkait > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-(S1) Administrasi Publik |
Depositing User: | Mrs Hildayani Hildayani |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 04:26 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 04:26 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1059 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |