PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTs AL-MUBAARAK KOTA BENGKULU

Tueyadi, Fadilla Devinta (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTs AL-MUBAARAK KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
FADILLA DEVINTA TURYADI_2087203007_Fulltext.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (884kB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
FADILLA DEVINTA TURYADI_2087203007_Turnitin.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
FADILLA DEVINTA TURYADI_2087203007_Abstrak+BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (830kB)
[img] Text (BAB II)
FADILLA DEVINTA TURYADI_2087203007_BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (388kB)
[img] Text (BAB III)
FADILLA DEVINTA TURYADI_2087203007_BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
FADILLA DEVINTA TURYADI_2087203007_BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
FADILLA DEVINTA TURYADI_2087203007_BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (192kB)
[img] Text (Referensi + Lampiran)
FADILLA DEVINTA TURYADI_2087203007_Reff+Lamp.pdf - Submitted Version

Download (474kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran Problem Solving pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTs Al-Mubaarak, Kota Bengkulu, serta dampaknya terhadap hasil belajar siswa. Model pembelajaran Problem Solving dipilih karena dianggap mampu meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran, mengasah keterampilan berpikir kritis, serta memberikan solusi nyata terhadap permasalahan yang berkaitan dengan materi IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas VII MTs AlMubaarak. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa siklus, yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dan wawancara dengan siswa serta guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Solving mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Selain itu, siswa menjadi lebih aktif dalam diskusi kelas, lebih kritis dalam menganalisis masalah, dan lebih kreatif dalam mencari solusi. Kendala yang dihadapi dalam penerapan model ini meliputi keterbatasan waktu dan kesulitan siswa dalam memahami konsep dasar sebelum terlibat dalam pemecahan masalah. Meskipun demikian, dengan perencanaan yang matang dan pendekatan yang tepat, model pembelajaran Problem Solving dapat diterapkan secara efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di MTs Al-Mubaarak, Kota Bengkulu

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing (1) : Drs. Sazili, M,Pd Pembimbing (2) : Meirani M.Pd.E
Uncontrolled Keywords: Problem Solving, IPS, Pembelajaran, MTs Al-Mubaarak, Hasil Belajar.
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Muammar Hafiz Khattami
Date Deposited: 21 Mar 2025 06:26
Last Modified: 21 Mar 2025 06:26
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/931

Actions (login required)

View Item View Item