Aisyah,, Nur (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN JOYFUL LEARNING MELALUI METODE MIND MAPS TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA KONSEP EKOSISTEM DI SMA NEGERI 1 PENDOPO BARAT. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi)
NUR AISYAH_2084205002_Fulltext.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Turnitin)
NUR AISYAH_2084205002_Turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Abstrak + BAB 1)
NUR AISYAH_2084205002_Abstrak+BAB 1.pdf - Submitted Version Download (938kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
NUR AISYAH_2084205002_BAB 2.pdf - Submitted Version Download (160kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
NUR AISYAH_2084205002_BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (553kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
NUR AISYAH_2084205002_BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
NUR AISYAH_2084205002_BAB 5.pdf - Submitted Version Download (89kB) |
![]() |
Text (Ref + Lamp)
NUR AISYAH_2084205002_Reff+Lamp.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merengetahui pengaruh penerapan mind map terhadap hasil belajar kognitif Biologi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Pendopo Barat SD. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penerapan mind map sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar kognitif Biologi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pendopo Barat yang berjumlah 140 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 Dan MIPA . Teknik yang digunakan untuk menentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah simple random sampling dengan cara melihat nilai rata rata harian tiap kelas dan diperoleh kelas MIPA 3 sebagai kelompok eksperimen serta kelas MIPA 2 sebagai kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar kognitif siswa dan keterlaksanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan hasil belajar kognitif Biologi antara kelompok eksperimen yang menerapkan mind map dan kelompok kontrol dengan pembelajaran yang biasa dilakukan guru yaitu ceramah dan tanya jawab.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. Siti Darwa Suryani, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Mind Map, Hasil Belajar Kognitif |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi |
Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Atika Ledia Anggraini |
Date Deposited: | 15 May 2025 02:31 |
Last Modified: | 15 May 2025 02:31 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/906 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |