Faizah, Asyrof Nur (2025) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 6 BENGKULU SELATAN. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi)
ASYROF NUR FAIZAH_2087203025_ Fulltext.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Turnitin)
ASYROF NUR FAIZAH_2087203025_ Turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Abstrak+BAB 1)
ASYROF NUR FAIZAH_2087203025_ Abstrak & BAB 1.pdf - Submitted Version Download (966kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
ASYROF NUR FAIZAH_2087203025_ BAB 2 .pdf - Submitted Version Download (278kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
ASYROF NUR FAIZAH_2087203025_ BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (500kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
ASYROF NUR FAIZAH_2087203025_ BAB 4 .pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (582kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
ASYROF NUR FAIZAH_2087203025_ bab 5.pdf - Submitted Version Download (704kB) |
![]() |
Text (Ref+Lamp)
ASYROF NUR FAIZAH_2087203025_ Referensi & Lampiran.pdf - Submitted Version Download (692kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 6 Bengkulu Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif, korelasi Pearson, dan regresi linier sederhana. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas XI-1. Data dikumpulkan melalui angket motivasi belajar dan dokumentasi nilai hasil belajar. Hasil angket menunjukkan bahwa mayoritas siswa (90%) memiliki motivasi belajar yang sangat tinggi. Namun, hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar tergolong sangat lemah, dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0.00040. Analisis regresi menghasilkan persamaan Y = 35.45 + 2.34X, yang mengindikasikan bahwa setiap peningkatan 1 poin motivasi belajar hanya meningkatkan hasil belajar sebesar 2.34 poin. Meskipun demikian, rata-rata hasil belajar siswa cukup baik, yakni 83, dengan nilai tertinggi 92 dan terendah 76. Penelitian ini menyimpulkan bahwa motivasi belajar memiliki pengaruh yang positif tetapi sangat lemah terhadap hasil belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa faktor lain di luar motivasi kemungkinan lebih dominan dalam memengaruhi prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Rossa Ayuni, M.Pd & Drs. Herwan MDK,M.M |
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, hasil belajar |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi |
Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Atika Ledia Anggraini |
Date Deposited: | 23 Aug 2025 02:06 |
Last Modified: | 23 Aug 2025 02:06 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1398 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |