ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 01 BENGKULU TENGAH

Adi, Agung Destian (2025) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 01 BENGKULU TENGAH. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
AGUNG DESTIAN ADI_2187203024_Fulltext.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
AGUNG DESTIAN ADI_2187203024_Turnitin.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK + BAB 1)
AGUNG DESTIAN ADI_2187203024_Abstrak+BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (797kB)
[img] Text (BAB 2)
AGUNG DESTIAN ADI_2187203024_BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (373kB)
[img] Text (BAB 3)
AGUNG DESTIAN ADI_2187203024_BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
AGUNG DESTIAN ADI_2187203024_BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
AGUNG DESTIAN ADI_2187203024_BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (86kB)
[img] Text (Ref + Lamp)
AGUNG DESTIAN ADI_2187203024_Reff+Lamp.pdf - Submitted Version

Download (475kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 01 Bengkulu Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan lembar wawancara untuk mengumpulkan data yang berhubungan dengan penelitian.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukan model pembelajaran ini sangat efektif diterapkan di dalam kelas. Karena dapat membuat siswa menjadi lebih aktif, berpikir secara kritis, berani dalam mengemukakan pendapat kepada siswa lain dan juga hasil belajar siswa pun juga meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing : Rossa Ayuni, M.Pd & Rossa Ayuni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, Problem Solving, Hasil belajar
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Atika Ledia Anggraini
Date Deposited: 05 Aug 2025 06:48
Last Modified: 05 Aug 2025 06:48
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1359

Actions (login required)

View Item View Item