Fajri, Wahyu Muhammad (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SMP NEGERI 2 BENGKULU SELATAN. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi)
SKRIPSI wahyu.docx FUUL.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Turnitin)
TURNITI FIXS_wahyu[1].docx.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Abstrak + BAB 1)
SKRIPSI HALA DEPAN.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
SKRIPSI wahyu BAB 2.pdf - Submitted Version Download (417kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
SKRIPSI wahyu BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (375kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
SKRIPSI wahyu BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (417kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
SKRIPSI wahyu BAB 5.pdf - Submitted Version Download (209kB) |
![]() |
Text (Ref + Lamp)
SKRIPSI wahyu DAPUS + LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
Abstract
Permasalahan utama yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar kognitif siswa di SMP Negeri 2 Bengkulu Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini dilakukan selama tiga kali pertemuan dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang berjumlah 25 siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan media animasi dan kelompok kontrol yang berjumlah 24 siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar kognitif yang terdiri dari tes awal dan tes akhir sebanyak 20 soal. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) rata-rata hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan media animasi pada kelas eksperimen sebesar 72,00, 2) rata-rata hasil belajar kognitif siswa yang tidak menggunakan media animasi pada kelas kontrol sebesar 59,17, dan 3) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media animasi terhadap hasil belajar kognitif kelas eksperimen pada mata pelajaran IPA kelas VIII di SMP Negeri 2 Bengkulu Selatan, dengan nilai uji-t sebesar 0,001 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. Tomi Hidayat, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Kognitif, Media Animasi, dan Penelitian Eksperimental. |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi |
Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Atika Ledia Anggraini |
Date Deposited: | 15 May 2025 02:06 |
Last Modified: | 15 May 2025 02:06 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/891 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |