Kurniawan, Ardi (2025) ANALISIS KINERJA GURU MELALUI PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM) DI KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
Ardi Kurniawan_2163201063_fulltext.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
Ardi Kurniawan_2163201063_Turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (15MB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK + BAB 1)
Ardi Kurniawan_2163201063_Abstrak+Bab I.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
|
Text (BAB 2)
Ardi Kurniawan_2163201063_Bab II.pdf - Submitted Version Download (49kB) |
|
|
Text (BAB 3)
Ardi Kurniawan_2163201063_Bab III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
Ardi Kurniawan_2163201063_Bab IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
Ardi Kurniawan_2163201063_Bab V.pdf - Submitted Version Download (17kB) |
|
|
Text (Ref + Lamp)
Ardi Kurniawan_2163201063_Dapus +Lamp.pdf - Submitted Version Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja guru melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM) di Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan sebelas informan penelitian. Fokus utama penelitian ini yaitu melihat tingkat keberhasilan kinerja guru melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM) di Kota Bengkulu dengan menggunakan teori kinerja Robbins (2016) dengan lima indikator sebagai alat analisis yaitu kualitas, kuantitas, ketepatan waktu, efektivitas, dan kemandirian. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja guru melalui PMM sudah cukup baik meskipun masih menghadapi kendala teknis dan kesenjangan literasi digital, terutama bagi guru non ASN. Sebagian besar guru telah melaporkan kinerja melalui PMM, dengan peningkatan capaian SKP dari 71% menjadi 92% dalam satu tahun. Ketepatan waktu pelaporan kinerja juga sudah cukup baik. Guru juga tetap aktif mendidik dan membina karakter siswa, meskipun terbebani tugas administratif. Adaptasi teknologi sudah cukup baik, namun guru senior masih mengalami hambatan. Kesuksesan pelaporan sangat dipengaruhi kerja sama antara guru, kepala sekolah, dan pihak pengawas. PMM terbukti membantu, tetapi efektivitasnya bergantung pada kesiapan individu dan dukungan lingkungan kerja. Serta kemandirian dan kemampuan guru dalam menyelesaikan tugas secara mandiri.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Dr. TITI DARMI, M.Si |
| Uncontrolled Keywords: | Kinerja, Guru, Platform Merdeka Mengajar (PMM), E-Kinerja |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-(S1) Administrasi Publik 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-(S1) Administrasi Publik |
| Divisions: | 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-(S1) Administrasi Publik Subjek Terkait > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-(S1) Administrasi Publik |
| Depositing User: | Mrs Hildayani Hildayani |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 01:40 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 01:40 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1873 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

