Apriansyah, Nugraha (2025) 3D MODEL BAHAN AJAR PENGENALAN HEWAN BERBASIS AUGMENTED REALITY. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fultext)
Nugraha Apriansyah_2155201127_FULLTEXT.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
Nugraha Apriansyah_2155201127_TURNITIN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
|
Text (Abstrak + Bab 1)
Nugraha Apriansyah_2155201127_ABSTRAK+BAB I.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
|
|
Text (Bab 2)
Nugraha Apriansyah_2155201127_BAB II.pdf - Submitted Version Download (172kB) |
|
|
Text (Bab 3)
Nugraha Apriansyah_2155201127_BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (172kB) | Request a copy |
|
|
Text (Bab 4)
Nugraha Apriansyah_2155201127_BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (Bab 5)
Nugraha Apriansyah_2155201127_BAB V.pdf - Submitted Version Download (109kB) |
|
|
Text (Ref+Lampiran)
Nugraha Apriansyah_2155201127_DAPUS+LAMP.pdf - Submitted Version Download (200kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi Augmented Reality (AR) untuk membantu proses pengenalan hewan kepada siswa sekolah dasar. Media pembelajaran dirancang dalam bentuk model 3D hewan yang merepresentasikan nama, habitat, dan ciri-ciri dari masing masing hewan secara visual. Model 3D dikembangkan menggunakan perangkat lunak Blender dan diimplementasikan ke dalam platform AR Web Studio, sehingga memungkinkan pengguna untuk memindai marker melalui kamera perangkat mobile dan menampilkan objek hewan secara real-time. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan tahapan meliputi perumusan masalah, pengumpulan data, pengembangan media, implementasi, dan evaluasi sistem. Pengujian dilakukan melalui dua pendekatan, yaitu pengujian teknis menggunakan metode black-box testing dan pengujian pengguna dengan menyebarkan kuesioner kepada beberapa guru sekolah dasar. Hasil pengujian teknis menunjukkan bahwa seluruh fitur sistem, seperti deteksi marker, tampilan model 3D, dan interaksi pengguna berjalan dengan baik. Sementara itu, hasil uji pengguna menunjukkan tingkat kepuasan rata-rata sebesar 76,9%, yang dikategorikan dalam klasifikasi “Baik”. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pengenalan hewan berbasis AR ini layak digunakan dan memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran secara interaktif.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Yovi Apridiansyah, S.Kom., M.Kom. |
| Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, media pembelajaran, model 3D, pengenalan hewan, sekolah dasar. |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika |
| Divisions: | 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika Subjek Terkait > 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika |
| Depositing User: | Mrs Atika Ledia Anggraini |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 06:35 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 06:35 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1854 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

