Alodia, Celi (2025) PENGGUNAAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
CELI ALODIA _2188201068_full text.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
plagiasi_cilut-1754062041655.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK + BAB 1)
CELI ALODIA _2188201068_ABSTRAK+BAB 1.pdf - Submitted Version Download (5MB) |
|
|
Text (BAB 2)
CELI ALODIA _2188201068_bab 2.pdf - Submitted Version Download (293kB) |
|
|
Text (BAB 3)
CELI ALODIA _2188201068_bab 3t.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
CELI ALODIA _2188201068_bab 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (677kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
CELI ALODIA _2188201068_bab 5.pdf - Submitted Version Download (251kB) |
|
|
Text (Ref + Lamp)
CELI ALODIA _2188201068_ref+lamp.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas metode diskusi dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Latar belakang penelitian berangkat dari rendahnya keterampilan berbicara siswa yang ditandai dengan kurangnya kepercayaan diri, keterbatasan kosakata, dan minimnya penerapan metode pembelajaran yang interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one-group pretest-posttest. Instrumen penelitian berupa tes lisan yang dilaksanakan sebelum dan sesudah perlakuan. Data dianalisis menggunakan uji Paired Sample t-Test dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara setelah penerapan metode diskusi. Nilai rata-rata pretest sebesar 71,94 meningkat menjadi 87,71 pada posttest. Uji hipotesis menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Dengan demikian, metode diskusi terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Kesimpulannya, metode diskusi dapat dijadikan salah satu alternatif strategi pembelajaran bahasa Indonesia yang interaktif, partisipatif, dan mampu mendorong siswa untuk lebih percaya diri dalam mengemukakan pendapat. Penelitian ini juga memberikan kontribusi bagi guru dalam memilih strategi pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Dr. Reni Kusmiarti, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | Metode Diskusi, Kemampuan Berbicara, Pembelajaran Bahasa Indonesia. |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-(S1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-(S1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-(S1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-(S1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Hildayani Hildayani |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 03:24 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 03:24 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1774 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

