OKTAVIA, REANA (2025) ETNOMATEMATIKA DALAM PERMAINAN TRADISIONAL INGKAU DI BENGKULU TENGAH. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
REANA OKTAVIA_2184302023_fulltext.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
TURNITIN REANA FIX 1 (1).pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK + BAB 1)
REANA OKTAVIA_2184302023_BAB 1.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
|
Text (BAB 2)
REANA OKTAVIA_2184202023_BAB 2.pdf - Submitted Version Download (394kB) |
|
|
Text (BAB 3)
REANA OKTAVIA_2184202023_BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (196kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
REANA OKTAVIA_2184202023_BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
REANA OKTAVIA_2184202023_BAB 5.pdf - Submitted Version Download (232kB) |
|
|
Text (Ref + Lamp)
REANA OKTAVIA_2184202023_Ref+lamp.pdf - Submitted Version Download (6MB) |
Abstract
Etnomatematika merupakan unsur budaya yang terdapat pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep etnomatematika yang terdapat dalam permainan tradisional ingkau yang berasal dari Bengkulu Tengah, Desa Taba Lagan. Permainan ini merupakan bagian dari budaya lokal yang telah ada sejak lama dan diturunkan dari generasi ke generasi. Dalam konteks ini, etnomatematika merujuk pada cara-cara di mana budaya dan tradisi mempengaruhi pemahaman dan praktik matematika dalam kehidupan sehari-hari. Permainan ingkau, yang juga dikenal sebagai permainan sepatu bambu, melibatkan keterampilan menjaga keseimbangan tubuh. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode etnografi. Informasi dari penelitian ini adalah ketua adat dan masyarakat lokal Desa Taba Lagan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap masyarakat, terutama ketua adat dan tokoh pemain. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan kesimpulan. Melalui observasi dan wawancara dengan masyarakat dan ketua adat, penelitian ini mengidentifikasi berbagai konsep matematika yang terlibat, seperti pengukuran, satuan panjang, perbandingan, segitiga siku-sku, phytagoras, kesejajaran, dan sudut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional ini tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai sarana untuk mengajarkan dan memahami konsep-konsep matematika secara mudah. Dengan demikian, permainan tradisional seperti ingkau dapat menjadi alat yang efektif dalam pendidikan matematika, menghubungkan teori dengan praktik dan memperdalam pengalaman belajar siswa. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan pembelajaran matematika yang lebih kontekstual dan relevan dengan budaya lokal, serta mendorong pengenalan lebih lanjut tentang etnomatematika. Melalui pemahaman yang lebih baik tentang hubungan antara budaya dan matematika diharapkan siswa dapat lebih mudah memahami dan menerapkan konsep-konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing 1) Selvi Riwayati, S.Si, M.Pd, 2) Mardiah Syofiana, M.Pd |
| Uncontrolled Keywords: | Etnomatematika, Permainan Tradisional Ingkau, Konsep Matematika. |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika |
| Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Hildayani Hildayani |
| Date Deposited: | 22 Sep 2025 04:20 |
| Last Modified: | 22 Sep 2025 04:20 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1496 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

