Zulaikha, Zulaikha (2025) PENGARUH LITERASI RELIGIUS SEKOLAH DAN PEMBELAJARAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TERHADAP KESADARAN BERIBADAH DAN KEMANDIRIAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA MUHAMMADIYAH 4 BENGKULU. Tesis (Masters) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
ZULAIKHA_2386110007_Fulltext.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
ZULAIKHA_2386110007_Turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
|
|
Text (Abstrak + Bab 1)
ZULAIKHA_2386110007_Abstrak+BAB 1.pdf - Submitted Version Download (570kB) |
|
|
Text (Bab 2)
ZULAIKHA_2386110007_BAB 2.pdf - Submitted Version Download (430kB) |
|
|
Text (Bab 3)
ZULAIKHA_2386110007_BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (348kB) | Request a copy |
|
|
Text (Bab 4)
ZULAIKHA_2386110007_BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (441kB) | Request a copy |
|
|
Text (Bab 5)
ZULAIKHA_2386110007_BAB 5.pdf - Submitted Version Download (87kB) |
|
|
Text (Reff+Lamp)
ZULAIKHA_2386110007_Reff+Lamp.pdf - Submitted Version Download (691kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi religius sekolah dan pembelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila terhadap kesadaran beribadah dan kemandirian siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Muhammadiyah 4 Bengkulu. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Kausal Komparatif Ekspos facto. Sampel penelitian berjumlah 54 siswa dari kelas XI yang ditentukan dengan menggunakan teknik sensus atau sampling jenuh (total sampling). Alat pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, dan data dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan literasi religius sekolah dan pembelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila terhadap kesadaran beribadah. Dibuktikan dengan nilai signifikansi (p-Vaalue) < 0,05, dengan koefisien determinasi (R²) sebesar 28% , ini menunjukkan bahwa kedua variabel bebas memberikan kontribusi terhadap kesadaran beribadah. Temuan penelitian pengaruh literasi religius sekolah dan pembelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila terhadap kemandirian siswa menunjukkan pengaruh yang signifikan, ini dibuktikan dengan nilai signifikansi (p-Vaalue) < 0,05, dengan koefisien determinasi (R²) sebesar 14,7%. Dengan demikian, penerapan literasi religius dan pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila dapat meningkatkan kesadaran beribadah dan kemandiri siswa dalam kegiatan pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Tesis (Masters)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing (I) Dr. Kashardi, M.Pd Pembimbing (II) Dr. Dedi Novriadi, M.Pd.I |
| Uncontrolled Keywords: | Literasi Religius, Projek P5, Kesadaran Beribadah, Kemandirian Siswa, PAI. |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 09-Program Pascasarjana > 86110-(S2) Pedagogi 09-Program Pascasarjana > 86110-(S2) Pedagogi |
| Divisions: | 09-Program Pascasarjana > 86110-(S2) Pedagogi Subjek Terkait > 09-Program Pascasarjana > 86110-(S2) Pedagogi |
| Depositing User: | Mrs Hildayani Hildayani |
| Date Deposited: | 20 Sep 2025 04:14 |
| Last Modified: | 20 Sep 2025 04:14 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1449 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

