ISNAMAINI, ISNAMAINI (2025) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS ENTREPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN SISWA. Tesis (Masters) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi Fulltext)
ISNAMAINI_2384105010_Fulltext.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Turnitin)
ISNAMAINI_2384105010_Turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB I)
ISNAMAINI_2384105010_Abstrak+BAB 1.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB II)
ISNAMAINI_2384105010_BAB 2.pdf - Submitted Version Download (285kB) |
![]() |
Text (BAB III)
ISNAMAINI_2384105010_BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (589kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
ISNAMAINI_2384105010_BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
ISNAMAINI_2384105010_BAB 5.pdf - Submitted Version Download (8kB) |
![]() |
Text (Referensi+Lampiran)
ISNAMAINI _2384105010_Reff+Lamp.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul IPA Berbasis Entrepreneurship yang valid dan praktis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Sikap Kewirausahaan Siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Penelitian ini melibatkan dua jenis sampel, yaitu uji coba terbatas pada kelas IX E dan uji coba luas pada kelas IX C, dan IX D. Pengumpulan data dilakukan melalui uji validasi, uji kepraktisan dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Modul IPA Berbasis Entrepreneurship yang dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan hasil validasi materi dan media. Validasi materi memperoleh rata-rata kevalidan sebesar 100%, sedangkan validasi media mencapai 100%, dengan rata-rata keseluruhan sebesar 100%. Nilai ini menempatkan Modul IPA Berbasis Entrepreneurship dalam kategori valid sesuai dengan interval 86–100%. 2) Kepraktisan Modul IPA Berbasis Entrepreneurship diukur melalui angket respon guru dan siswa. Pada uji coba pertama, dua guru IPA memberikan penilaian sebesar 97%, sedangkan 30 siswa memberikan respon sebesar 95%. Pada uji coba kedua, rata-rata penilaian dari 60 siswa mencapai 96%, yang menunjukkan bahwa Modul IPA Berbasis Entrepreneurship masuk dalam kategori sangat praktis berdasarkan rentang interval 86–100%. 3) Modul IPA berbasis Entrepreneurship dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa dan sikap kewirausahaan berdasarkan hasil Uji N gain sebesar 0,779 dalam kategori Tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Modul IPA Berbasis Entrepreneurship yang dikembangkan bersifat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan sikap kewirausahaan siswa.
Item Type: | Thesis (Tesis (Masters)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Irwandi, M.Pd. Pembimbing II : Dr.Nopriyeni, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Modul, Entrepreneurship, Berpikir Kreatif, Sikap Kewirausahaan, Kevalidan, Kepraktisan |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi 09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi |
Divisions: | 09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi Subjek Terkait > 09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Muammar Hafiz Khattami |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 02:37 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 02:37 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/958 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |