Devitriani, Helen (2024) ANALISIS KEAKTIFAN SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi Fulltext)
1. HELEN DEVITRIANI_ 2087203023_FULTEXT.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Turnitin)
2. HELEN DEVITRIANI_ 2087203023_ TURNITIN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB I)
3.HELEN DEVITRIANI_ 2087203023ABSTRAK + BAB 1.pdf - Supplemental Material Download (681kB) |
![]() |
Text (BAB II)
4. HELEN DEVITRIANI_ 2087203023_BAB 2.pdf - Submitted Version Download (127kB) |
![]() |
Text (BAB III)
5. HELEN DEVITRIANI_ 2087203023_ BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (128kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
6.HELEN DEVITRIANI_ 2087203023_ BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (569kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
7.HELEN DEVITRIANI_ 2087203023_ BAB 5.pdf - Submitted Version Download (31kB) |
![]() |
Text (Referensi + Lampiran)
8.HELEN DEVITRIANI_ 2087203023_ REF+LAMP.pdf - Submitted Version Download (752kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan siswa kelas X.E melalui model Problem Based Learning pada mata pelajaran ekonomi dalam penerapan kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif. Sumber data dari guru ekonomi dan siswa kelas X.E. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan triangulasi yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian keaktifan siswa termasuk dalam kategori sangat baik dengan peningkatan signifikan dari pertemuan pertama hingga keempat, dengan mencapai 100% pada indikator utama di pertemuan terakhir. Probelem Based Learning berhasil meningkatkan keterlibatan siswa dalam berbagai aspek pembelajaran, termasuk pemecahan masalah dan diskusi kelompok. Meski awalnya rendah, keaktifan bertanya juga meningkat. Siswa menunjukkan variasi keaktifan sesuai preferensi individu, dan siswa mengakui manfaat pembelajaran aktif dalam pemahaman materi dan pengembangan kemampuan berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. H. Zufiyardi, M.Pd, Pembimbing : Ayudho Selviani, S.Pd., M.Ak |
Uncontrolled Keywords: | student activeness, problem based learning, independent curriculum |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi |
Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Muammar Hafiz Khattami |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 07:03 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 07:03 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/932 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |