Firantika, Helsy (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BANTUAN MEDIA ARTIKEL TERHADAP LITERASI IPA SISWA DI SMP NEGERI 20 BENGKULU SELATAN. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi)
HELSY FIRANTIKA_2084205032_Fulltext.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Skripsi)
HELSY FIRANTIKA_2084205032_Turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Skripsi)
HELSY FIRANTIKA_2084205032_Abstrak + BAB 1.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text (Skripsi)
HELSY FIRANTIKA_2084205032_BAB 2.pdf - Submitted Version Download (223kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
HELSY FIRANTIKA_2084205032_BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (179kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Skripsi)
HELSY FIRANTIKA_2084205032_BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Skripsi)
HELSY FIRANTIKA_2084205032_BAB 5.pdf - Submitted Version Download (86kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
HELSY FIRANTIKA_2084205032_Ref + Lamp.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian mengenai Pengaruh Model Problem Based Learning dengan bantuan media artikel terhadap literasi IPA siswa di Negeri 20 Bengkulu Selatan untuk Meningkatkan Literasi IPA Peserta Didik di Negeri 20 Bengkulu Selatan yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Pengaruh Problem Based Learning dengan bantuan media artikel terhadap literasi IPA untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik.Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian (Pretest-Posttest Control Group Design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII Negeri 20 Bengkulu Selatan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik (purposive sampling) dengan sampel kelas VII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal pilihan essay untuk mengukur kemampuan literasi sains peserta didik dan lembar observasi keterlaksanaan model Problem based learning dengan bantuan media artikel terhadap literasi IPA. Berdasarkan hasil peneltian yang diperoleh rata-rata kelas eskperimen adalah sebesar 2.010 dan untuk kelas kontrol mempunyai nilai rata-rata 1.605 jadi dapat disimpulkan jika nilai sig (2-tailed) dimana Ho ditolak dan H₁ diterima sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran PBL Problem Based Learning dengan bantuan media artikel terhadap literasi IPA untuk meningkatkan literasi sains paserta didik pada kelas eksperimen, oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dengan bantuan media artikel terhadap literasi IPA berpengaruh dalam meningkatkan literasi sains peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr.Tomi Hidayat,M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | problem based learning literasi sains SMP Negeri 20 Bengkulu Selatan |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi |
Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Muammar Hafiz Khattami |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 02:45 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 02:45 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/887 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |