IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MENCARI POLA PENJUALAN PRODUK MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS : WARUNG DINI)

Nurazizah, Iin (2024) IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MENCARI POLA PENJUALAN PRODUK MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS : WARUNG DINI). Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
IIN NURAZIZAH_2055201093_Full_text.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
IIN NURAZIZAH_2055201093_Turnitin.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak + BAB 1)
IIN NURAZIZAH_2055201093_ABSTRAK + BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (327kB)
[img] Text (BAB 2)
IIN NURAZIZAH_2055201093_BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (547kB)
[img] Text (BAB 3)
IIN NURAZIZAH_2055201093_BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
IIN NURAZIZAH_2055201093_BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
IIN NURAZIZAH_2055201093_BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (69kB)
[img] Text (Ref + Lamp)
IIN NURAZIZAH_2055201093_ref + lam.pdf - Submitted Version

Download (372kB)

Abstract

Dalam persaingan bisnis yang semakin ketat, pemanfaatan data transaksi penjualan menjadi krusial untuk meningkatkan kinerja usaha, termasuk di Warung Dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola pembelian pelanggan di Warung Dini dengan menerapkan algoritma Apriori, yang merupakan salah satu metode data mining yang efektif dalam mengungkap asosiasi antara item-item dalam data transaksi besar. Dengan algoritma Apriori, penelitian ini berhasil menemukan 12 aturan asosiasi yang terdiri dari 5 kombinasi dua itemset dan 2 kombinasi tiga itemset, dengan nilai minimum support sebesar 60%, confidence 100%, dan lift ratio 1. Kombinasi itemset ini mengungkap produk-produk yang sering dibeli secara bersamaan, seperti Beras dan Kecap, serta kombinasi tiga produk seperti Beras, Kecap, dan Mie Instan. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi Warung Dini untuk mengoptimalkan strategi pemasaran, seperti merancang paket promosi yang menarik dan mengatur penempatan produk secara lebih strategis untuk meningkatkan penjualan. Selain itu, hasil analisis ini juga membantu toko dalam memprediksi kebutuhan stok barang, sehingga dapat meningkatkan efisiensi operasional. Implementasi algoritma Apriori dalam penelitian ini tidak hanya memberikan wawasan tentang pola penjualan, tetapi juga mendukung pengambilan keputusan bisnis yang lebih tepat dan strategis, sehingga dapat memperkuat daya saing Warung Dini di pasar yang kompetitif

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Husni Rifqo, S.Kom, M.Kom
Uncontrolled Keywords: Data Mining, Pola Penjualan, Algoritma Apriori
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika
02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika
Divisions: 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika
Subjek Terkait > 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika
Depositing User: Mrs Atika Ledia Anggraini
Date Deposited: 15 Mar 2025 03:57
Last Modified: 15 Mar 2025 03:57
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/854

Actions (login required)

View Item View Item