Maulana, Rizky (2025) STRATEGI KOMUNIKASI YOUTUBER @ DEANKT DENGAN VIEWERS PADA SAAT LIVE STREAMING. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
Rizky Maulana_2170201096_FULLTEXT.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
Rizky Maulana_2170201096_TURNITIN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK + BAB 1)
Rizky Maulana_2170201096_ABSTRAK+BAB I.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
|
Text (BAB 2)
Rizky Maulana_2170201096_BAB II.pdf - Submitted Version Download (265kB) |
|
|
Text (BAB 3)
Rizky Maulana_2170201096_BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (147kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
Rizky Maulana_2170201096_BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (460kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
Rizky Maulana_2170201096_BAB V.pdf - Submitted Version Download (89kB) |
|
|
Text (Ref + Lamp)
Rizky Maulana_2170201096_DAPUS+LAMP.pdf - Submitted Version Download (117kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi yang diterapkan oleh YouTuber DEANKT dalam membangun interaksi dan loyalitas audiens selama live streaming di platform YouTube. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk dan efektivitas strategi komunikasi yang digunakan DEANKT guna meningkatkan keterlibatan penonton dan membangun komunitas virtual yang solid. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui observasi aktif pada sesi live streaming selama tiga bulan, wawancara mendalam terhadap lima informan utama (termasuk DEANKT dan empat perwakilan viewers aktif), serta analisis dokumentasi interaksi di fitur live chat dan Super Chat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tori Two Step Flow mengkaji bagaimana informasi dan pengaruh media mengalir melalui pemimpin opini, dalam hal ini DEANKT secara konsisten memanfaatkan fitur-fitur interaktif YouTube, seperti live chat dan Super Chat, untuk menciptakan komunikasi dua arah secara real-time. Inovasi ditunjukkan melalui segmen "Kencur (Kentung Curhat)" yang memberi ruang personal bagi audiens untuk berdiskusi dan berbagi cerita, serta penggunaan humor, suara efek (soundboard), dan kolaborasi dengan komunitas B2F. Hal ini tidak hanya meningkatkan jumlah partisipasi aktif, tetapi juga memperkuat rasa kebersamaan dan loyalitas penonton. Partisipasi penonton, diukur melalui intensitas komentar dan keaktifan di setiap sesi, mengalami peningkatan signifikan setelah strategi-strategi tersebut diterapkan. Temuan ini menegaskan pentingnya komunikasi dua arah, kreativitas, serta pemanfaatan fitur digital dalam membangun dan mempertahankan komunitas virtual di era media baru. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi teoritis bagi pengembangan ilmu komunikasi digital serta menjadi rujukan strategis bagi praktisi dalam mengelola interaksi dan komunitas audiens di platform media sosial.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Dr. Eceh Trisna Ayuh, M. I. Kom |
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, YouTuber, Live Streaming, Interaksi Audiens, Komunitas Virtual |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi |
| Divisions: | 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi Subjek Terkait > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Mrs Hildayani Hildayani |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 02:22 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 02:22 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1734 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

