Pengaruh Model Pembelajaran ReCODE terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa MTsN 2 Kaur

Ningsih, Endah Suwita (2025) Pengaruh Model Pembelajaran ReCODE terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa MTsN 2 Kaur. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
ENDAH SUWITA NINGSIH_2184205001_Fulltext_.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
ENDAH SUWITA NINGSIH_2184205001_Turnitin.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak + Bab 1)
ENDAH SUWITA NINGSIH_2184205001_ABSTRAK_+BAB_1.pdf - Submitted Version

Download (771kB)
[img] Text (Bab 2)
ENDAH SUWITA NINGSIH_2184205001_BAB_2.pdf - Submitted Version

Download (486kB)
[img] Text (Bab 3)
ENDAH SUWITA NINGSIH_2184205001_BAB_3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
ENDAH SUWITA NINGSIH_2184205001_BAB_4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5)
ENDAH SUWITA NINGSIH_2184205001_BAB_5.pdf - Submitted Version

Download (182kB)
[img] Text (Referensi+Lampiran)
ENDAH SUWITA NINGSIH_2184205001_Referensi+Lampiran.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment, menggunakan rancangan penelitian Non-Randomized Control Group Design. Sampel penelitian ini siswa dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes soal essay sebanyak 5 buah untuk masing-masing variabel yaitu kemampuan berpikir kritis dan kemampuan literasi sains. Hasil dari uji-t bahwa sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, yang berarti terdapat pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa MTsN 2 Kaur. Guru disarankan untuk mulai menerapkan model ReCODE secara bertahap, terutama dalam pembelajaran IPA yang menekankan pemahaman konsep dan berpikir tingkat tinggi. Sekolah dan pengambil kebijakan diharapkan memberikan dukungan berupa pelatihan dan fasilitas pembelajaran yang memadai. Kata

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Nopriyeni, M.Pd Pembimbing 2 : Meti Herlina, M.Pd
Uncontrolled Keywords: ReCODE, Kemampuan Berpikir Kritis, Literasi Sains, Quasi Eksperimen, MTsN 2 Kaur.
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Muammar Hafiz Khattami
Date Deposited: 23 Aug 2025 02:00
Last Modified: 23 Aug 2025 02:00
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1442

Actions (login required)

View Item View Item