Ramayana, Erliya (2025) PENGARUH EDUKASI MENGGUNAKAN LEAFLET TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI DALAM MENANGANI DISMENORE DI SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (fulltext)
ERLIYA RAMAYANA_2114201045_ Fu lltext.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Turnitin)
ERLIYA RAMAYANA_2114201045_ Turnitin Jurnal.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (bab 1)
ERLIYA RAMAYANA_2114201045_ Abstrak & BAB 1.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
![]() |
Text (bab 2)
ERLIYA RAMAYANA_2114201045_ BAB 2 .pdf - Submitted Version Download (422kB) |
![]() |
Text (bab 3)
ERLIYA RAMAYANA_2114201045_ BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (316kB) | Request a copy |
![]() |
Text (bab 4)
ERLIYA RAMAYANA_2114201045_ BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (376kB) | Request a copy |
![]() |
Text (bab 5)
ERLIYA RAMAYANA_2114201045_ BAB 5 .pdf - Submitted Version Download (302kB) |
![]() |
Text (bab 6)
ERLIYA RAMAYANA_2114201045_ BAB 6.pdf - Submitted Version Download (301kB) |
![]() |
Text (Referensi)
ERLIYA RAMAYANA_2114201045_ Referensi & Lampiran.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
Abstract
Dismenore atau nyeri haid merupakan masalah kesehatan yang umum dialami oleh remaja putri dan sering menganggu aktivitas sehari-hari. Dismenore dapat diartikan sebagai kondisi menstruasi yang berat atau nyeri yang dirasakan saat haid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi menggunakan leaflet terhadap tingkat pengetahuan dan sikap remaja putri dalam menangani dismenore di SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan pendekatan one grup pre-test dan post-test, melibatkan 20 responden yang memenuhi kriteria insklusi dan ekslusi. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner sebelum diberikan edukasi dan kuesioner sesudah diberikan edukasi. Analisis dilakukan dengan teknik analisis univariat dan bivariat menggunakan SPSS, termasuk uji t-dependet untuk mengguji pengaruh edukasi. Hasil penelitian menunjukan perbedaan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dan sikap dalam menangani dismenore setelah diberikan edukasi, dengan p-value <0,001. Kesimpulan edukasi menggunakan leatlet terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja putri dalam menangani dismenore. Edukasi berbasi media sederhana seperti leatlet dapat menjadi metode promosi kesehatan yang efektif di lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | NS. LENI ROZANI, S.KEP., M.KEP |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Dismenore, Edukasi kesehatan, Leaflet, Pengetahuan, Sikap, Remaja putri Daftar bacaan: 2015-2024 |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 01-Fakultas Ilmu Kesehatan > 14201-(S1) Ilmu Keperawatan 01-Fakultas Ilmu Kesehatan > 14201-(S1) Ilmu Keperawatan |
Divisions: | 01-Fakultas Ilmu Kesehatan > 14201-(S1) Ilmu Keperawatan Subjek Terkait > 01-Fakultas Ilmu Kesehatan > 14201-(S1) Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Mr Andeska Ulok Kupai |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 03:51 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 03:51 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1436 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |