PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI MAN 02 KEPAHIANG

Utami, Cindi Tri (2025) PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI MAN 02 KEPAHIANG. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
CINDI TRI UTAMI_2187203003_Fulltext.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
CINDI TRI UTAMI_2187203003_Turnitin_compressed.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak+BAB 1)
CINDI TRI UTAMI_2187203003_Abstrak + BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
CINDI TRI UTAMI_2187203003_BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (245kB)
[img] Text (BAB 3)
CINDI TRI UTAMI_2187203003_BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
CINDI TRI UTAMI_2187203003_BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
CINDI TRI UTAMI_2187203003_BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (91kB)
[img] Text (Ref+Lamp)
CINDI TRI UTAMI_2187203003_Ref + Lamp.pdf - Submitted Version

Download (163kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa di MAN 02 Kepahiang pada mata pelajaran Ekonomi. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa yang ditandai dengan kurangnya partisipasi aktif, seperti enggan bertanya, mencatat, dan berdiskusi selama proses pembelajaran konvensional berlangsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI 5 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media video pembelajaran, dan kelas XI 2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional.Instrumen yang digunakan meliputi observasi aktivitas belajar dan tes (pretest dan posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar yang signifikan pada kelas eksperimen. Rata-rata nilai pretest siswa kelas eksperimen adalah 69,2 dan meningkat menjadi 76,3 pada posttest, dengan persentase ketuntasan belajar meningkat dari 24% menjadi 76%. Sementara pada kelas kontrol, peningkatan tidak terlalu signifikan, dengan rata-rata nilai meningkat dari 69,7 menjadi 72,8 dan ketuntasan hanya mencapai 38,1%.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing Dr. Bahrin, M.S. & Rossa Ayuni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media, Video Pembelajaran, Aktivitas Belajar
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Atika Ledia Anggraini
Date Deposited: 23 Aug 2025 02:06
Last Modified: 23 Aug 2025 02:06
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1399

Actions (login required)

View Item View Item