SUKMA, DEWI (2025) PERBANDINGAN EDUKASI MENARCHE DENGAN MEDIA POSTER DAN POWERPOINT TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWI SD NEGERI 77 KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (ful text)
DEWI SUKMA_2114201008_ Fulltext .pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Turnitin)
DEWI SUKMA_2114201008_ Turnitin Skripsi.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Abstrak + Bab 1)
DEWI SUKMA_2114201008_ Abstrak & BAB 1.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
![]() |
Text (Bab 2)
DEWI SUKMA_2114201008_ BAB 2 .pdf - Submitted Version Download (2MB) |
![]() |
Text (Bab 3)
DEWI SUKMA_2114201008_ BAB 3 .pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 4)
DEWI SUKMA_2114201008_ BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 5)
DEWI SUKMA_2114201008_ BAB 5.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
![]() |
Text (Ref+ Lampiran)
DEWI SUKMA_2114201008_ Referensi & Lampiran.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
Abstract
Menarche merupakan fase penting dalam perkembangan remaja putri yang seringkali menimbulkan kecemasan akibat kurangnya informasi. Edukasi menjadi langkah strategis untuk meningkatkan pemahaman mengenai peristiwa ini. Penelitian ini bertujuan membandingkan efektivitas media poster dan PowerPoint dalam meningkatkan pengetahuan siswi tentang Menarche. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain two-group pretest-posttest. Sampel terdiri dari 40 siswi kelas V SD Negeri 77 Kota Bengkulu yang dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan uji t-dependent dan t-independent. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan yang signifikan setelah diberikan edukasi. Rata-rata skor pengetahuan kelompok PowerPoint meningkat dari 12,65 menjadi 14,85, dan kelompok poster dari 12,40 menjadi 14,40 (p = 0,001). Namun, hasil uji t-independent menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan antara kedua media (p = 0,359). Hal ini menunjukkan kedua metode sama efektifnya dalam meningkatkan pengetahuan. Kesimpulannya, edukasi visual baik melalui poster maupun PowerPoint terbukti efektif. Disarankan keduanya digunakan sebagai media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami di tingkat sekolah dasa
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Leni Rozani |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Edukasi,Menarche,Pengetahuan, Poster, PowerPoint, Siswi SD Daftar bacaan: 2016-2024 |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 01-Fakultas Ilmu Kesehatan > 14201-(S1) Ilmu Keperawatan 01-Fakultas Ilmu Kesehatan > 14201-(S1) Ilmu Keperawatan |
Divisions: | 01-Fakultas Ilmu Kesehatan > 13201-(S1) Kesehatan Masyarakat Subjek Terkait > 01-Fakultas Ilmu Kesehatan > 13201-(S1) Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Mrs Hildayani Hildayani |
Date Deposited: | 23 Aug 2025 02:08 |
Last Modified: | 23 Aug 2025 02:08 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1389 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |