SAFITRI, ELVIANA DWI (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMKN 1 KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi)
ELVIANA DWI SAFITRI_2187203006_Fulltext.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Turnitin)
ELVIANA DWI SAFITRI_2187203006_Turnitin_compressed.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Abstrak+BAB 1)
ELVIANA DWI SAFITRI_2187203006_ABSTRAK + BAB 1.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
ELVIANA DWI SAFITRI_2187203006_ BAB 2.pdf - Submitted Version Download (319kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
ELVIANA DWI SAFITRI _2187203006_ BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (331kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
ELVIANA DWI SAFITRI_2187203006_ BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (561kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
ELVIANA DWI SAFITRI _2187203006_ BAB 5.pdf - Submitted Version Download (159kB) |
![]() |
Text (Ref+Lamp)
ELVIANA DWI SAFITRI_2187203006_Reff + Lamp.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMKN 1 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Reciprocal Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Terlihat pada siklus penelitian yang dilakukan peneliti yaitu pada pretest, nilai rata-rata siswa adalah 52,94 dengan 26% siswa tuntas. Setelah penerapan model ini, pada siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 55,29 dengan 47% siswa tuntas. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa mencapai 85,14 dengan 85% siswa tuntas. Hasil ini menunjukkan bahwa model Reciprocal Teaching efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran akuntansi. Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa penerapan model Reciprocal Teaching dapat menjadi alternatif yang baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Zufiyardi, M.Pd. & Ayudho Selvian, S.Pd., M.Ak |
Uncontrolled Keywords: | Reciprocal Teaching, Hasil Belajar. |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi |
Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Atika Ledia Anggraini |
Date Deposited: | 23 Aug 2025 02:09 |
Last Modified: | 23 Aug 2025 02:09 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1385 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |