Octavia, Oksha Trisia (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi)
Oksha Trisia Octavia_ 21872023039_ Fulltext_compressed.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Turnitin)
Oksha Trisia Octavia_ 2187203039_ Turnitin_compressed.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Abstrak+BAB 1)
Oksha Trisia Octavia _2187203039_ ABSTRAK+BAB 1.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
Oksha Trisia Octavia_2187203039_BAB 2.pdf - Submitted Version Download (380kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
Oksha Trisia Octavia_2187203039_ BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (608kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
Oksha Trisia Octavia_ 2187203039_ BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (958kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
Oksha Trisia Octavia_2187203039_BAB 5.pdf - Submitted Version Download (295kB) |
![]() |
Text (Ref+Lamp)
Oksha Trisia Octavia _2187203039_Ref+Lamp_compressed.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model Project Based Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 07 Kota Bengkulu. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kriteria penilaian aktivitas belajar seperti baik sekali, baik, cukup, kurang dan menghitung ada tidaknya peningkatan aktivitas belajar siswa dengan Uji t. Hasil penelitian terbukti dari hasil Siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa hanya 26,29 dengan kriteri Cukup dan hasil Siklus II rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 33,87 dengan kriteria baik dan hasil analisa yang telah dilakukan dengan menggunakan uji t pada taraf signifikan dan derajat kebebasan 30 menunjukan bahwa t hitung = 6,01 ≥ t tabel 1,697 artinya terlihat bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar siswa yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dra. Suharmi, M.Pd dan Ummi Kalsum, M.Pd.E s |
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning (PjBL), Aktivitas Belajar, Mata Pelajaran IPS |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi |
Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Atika Ledia Anggraini |
Date Deposited: | 23 Aug 2025 02:09 |
Last Modified: | 23 Aug 2025 02:09 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1383 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |