PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DAN INFLUENCER MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MENANTEA (Studi Pada Konten Instagram @menantea.toko)

Salius Hadi Orlando, Figo (2025) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DAN INFLUENCER MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MENANTEA (Studi Pada Konten Instagram @menantea.toko). Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Fulltext)
FIGO SALIUS HADI ORLANDO_2070201019_FULL TEXT.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
FIGO SALIUS HADI ORLANDO_2070201019_TURNITIN-1.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (22MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK + BAB 1)
FIGO SALIUS HADI ORLANDO_2070201019_ABSTRAK + BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (831kB)
[img] Text (BAB 2)
FIGO SALIUS HADI ORLANDO_2070201019_BAB 2-1.pdf - Submitted Version

Download (440kB)
[img] Text (BAB 3)
FIGO SALIUS HADI ORLANDO_2070201019_BAB 3-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
FIGO SALIUS HADI ORLANDO_2070201019_BAB 4-1.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (772kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
FIGO SALIUS HADI ORLANDO_2070201019_BAB 5-1.pdf - Submitted Version

Download (233kB)
[img] Text (Ref + Lamp)
FIGO SALIUS HADI ORLANDO_2070201019_REF+LAMP.pdf - Submitted Version

Download (529kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth (E WOM) dan Influencer Marketing terhadap keputusan pembelian produk Menantea. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak IBM SPSS Statistic 27. Populasi dalam penelitian ini adalah followers akun Instagram "@menantea.toko" yang berjumlah 535.000 orang, dengan sampel sebanyak 100 responden yang diperoleh menggunakan rumus Slovin. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Electronic Word of Mouth (X1) dan Influencer Marketing (X2), sedangkan variabel dependen adalah keputusan pembelian (Y). Data dikumpulkan melalui kuesioner berbasis skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth dan Influencer Marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Persamaan regresi yang diperoleh adalah: Y = a + b1X1 + b2X2 + e, di mana E-WOM (X1) dan Influencer Marketing (X2) memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian (Y). Nilai koefisien determinasi (R Square) menunjukkan bahwa persentase pengaruh variabel bebas terhadap keputusan pembelian mencapai 40,2%.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing : Sri Dwi Fajarini, M.I.Kom
Uncontrolled Keywords: Electronic Word of Mouth, Influencer Marketing, Keputusan Pembelian
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi
08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi
Divisions: 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi
Subjek Terkait > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Hildayani Hildayani
Date Deposited: 27 May 2025 03:45
Last Modified: 27 May 2025 03:45
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1132

Actions (login required)

View Item View Item