Abdurrasyid, Fakhri (2025) PENGGUNAAN METODE PHOTOGRAMMETRY PADA PEMBUATAN ANIMASI 3D MODEL BANGUNAN BERSEJARAH BENTENG MARLBOROUGH. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi)
FAKHRI ABDURRASYID_2055201075_Fulltext.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (768kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Turnitin)
FAKHRI ABDURRASYID_2055201075_Turnitin_compressed.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Abstrak + BAB 1)
FAKHRI ABDURRASYID_2055201075_ABSTRAK+BAB 1.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
FAKHRI ABDURRASYID_2055201075_BAB 2.pdf - Submitted Version Download (124kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
FAKHRI ABDURRASYID_2055201075_BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (184kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
FAKHRI ABDURRASYID_2055201075_BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
FAKHRI ABDURRASYID_2055201075_BAB 5.pdf - Submitted Version Download (45kB) |
![]() |
Text (Ref + Lamp)
FAKHRI ABDURRASYID_2055201075_Ref+Lamp.pdf - Submitted Version Download (843kB) |
Abstract
Benteng Marlborough merupakan salah satu cagar budaya bersejarah di Indonesia yang memiliki nilai historis tinggi. Namun, upaya pelestarian dan edukasi sejarah benteng ini masih menghadapi beberapa kendala, seperti kurangnya media informasi yang menarik, minimnya edukasi interaktif, serta tidak tersedianya dokumentasi digital yang mudah diakses. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model animasi 3D Benteng Marlborough menggunakan teknologi photogrammetry guna menghasilkan representasi yang akurat dan interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, studi literatur, dan survei lokasi. Pengembangan animasi 3D dilakukan menggunakan metode MDLC (Methodology for Developing Learning Content), yang terdiri dari enam tahap: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Selain itu, metode photogrammetry diterapkan dalam proses perancangan untuk menghasilkan model digital yang realistis.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Agung Kharisma Hidayah, S.Kom., M.Kom |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci - Benteng Marlborough, Animasi 3D, Photogrammetry, Media Edukasi, MDLC. |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika |
Divisions: | 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika Subjek Terkait > 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika |
Depositing User: | Mrs Atika Ledia Anggraini |
Date Deposited: | 21 May 2025 01:22 |
Last Modified: | 21 May 2025 01:22 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1099 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |