PENGGUNAAN METODE PHOTOGRAMMETRY PADA PEMBUATAN ANIMASI 3D MODEL BANGUNAN BERSEJARAH BENTENG MARLBOROUGH

Abdurrasyid, Fakhri (2025) PENGGUNAAN METODE PHOTOGRAMMETRY PADA PEMBUATAN ANIMASI 3D MODEL BANGUNAN BERSEJARAH BENTENG MARLBOROUGH. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
FAKHRI ABDURRASYID_2055201075_Fulltext.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (768kB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
FAKHRI ABDURRASYID_2055201075_Turnitin_compressed.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak + BAB 1)
FAKHRI ABDURRASYID_2055201075_ABSTRAK+BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
FAKHRI ABDURRASYID_2055201075_BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (124kB)
[img] Text (BAB 3)
FAKHRI ABDURRASYID_2055201075_BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
FAKHRI ABDURRASYID_2055201075_BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
FAKHRI ABDURRASYID_2055201075_BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (45kB)
[img] Text (Ref + Lamp)
FAKHRI ABDURRASYID_2055201075_Ref+Lamp.pdf - Submitted Version

Download (843kB)

Abstract

Benteng Marlborough merupakan salah satu cagar budaya bersejarah di Indonesia yang memiliki nilai historis tinggi. Namun, upaya pelestarian dan edukasi sejarah benteng ini masih menghadapi beberapa kendala, seperti kurangnya media informasi yang menarik, minimnya edukasi interaktif, serta tidak tersedianya dokumentasi digital yang mudah diakses. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model animasi 3D Benteng Marlborough menggunakan teknologi photogrammetry guna menghasilkan representasi yang akurat dan interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, studi literatur, dan survei lokasi. Pengembangan animasi 3D dilakukan menggunakan metode MDLC (Methodology for Developing Learning Content), yang terdiri dari enam tahap: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Selain itu, metode photogrammetry diterapkan dalam proses perancangan untuk menghasilkan model digital yang realistis.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing : Agung Kharisma Hidayah, S.Kom., M.Kom
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci - Benteng Marlborough, Animasi 3D, Photogrammetry, Media Edukasi, MDLC.
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika
02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika
Divisions: 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika
Subjek Terkait > 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika
Depositing User: Mrs Atika Ledia Anggraini
Date Deposited: 21 May 2025 01:22
Last Modified: 21 May 2025 01:22
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1099

Actions (login required)

View Item View Item