IMPLEMENTASI PENDIDIKAN POLITIK MELALUI PEMBELAJARAN PKN DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN 6 KOTA BENGKULU

ANGGA SAMUDERA, RAHMAT (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN POLITIK MELALUI PEMBELAJARAN PKN DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN 6 KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI RAHMAT ANGGA SAMUDERA PRODI PKN 2024.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Jurnal)
JURNAL SKRIPSI RAHMAT ANGGA SAMUDERA PRODI PKN 2024.pdf - Submitted Version

Download (383kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk 1). mengetahui pendidikan politik melalui pembelajaran PKn dalam mengembangkan kompetensi kewarganegaraan pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. 2). Untuk mengetahui bentuk pendidikan politik melalui pembelajaran PKn dalam mengembangkan kompetensi kewarganegaraan pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri Kota Bengkulu. 3). Untuk mengetahui hambatan dalam implementasi pendidikan politik melalui pembelajaran PKn dalam mengembangkan potensi kewarganegaraan pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun manfaat penelitian ini yaitu: 1). Manfaat Teoritis. Bagi peneliti, Bagi sekolah. 2). Manfaat Praktis. Secara praktis penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan informasi tentang Pendidikan Politik Melalui Pembelajran PPKn dalam Mengembangkan Kompetensi Kewarganegaraan pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Selain itu penelitian ini juga memberikan manfaat yang baik dalam bidang mendidikan menjadi sumber ide atau referensi bagi siswa. Dalam pengumpulan data penelitian ini di lakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan anlisis data menggunakan teknik penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh 1). pemahaman yang mendalam tentang sistem politik, nilai-nilai demokrasi, hak-hak dan tanggung jawab warga negara, serta keterampilan yang diperlukan untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses politik. 2). siswa dapat berpartisipasi secara langsung dalam proses politik di sekolah dan memenuhi kebutuhan social Masyarakat. 3). Hambatan dalam implementasi pendidikan politik dalam pembelajaran PKn bisa berasal dari beberapa faktor, seperti kurikulum yang kurang mendalam dalam materi politik, keterbatasan sumber daya seperti buku dan materi pembelajaran yang relevan, serta kurangnya pelatihan bagi guru untuk mengajar topiktopik politik dengan baik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi Pendidikan Politik Melalui Pembelajaran PKn Dalam Mengembangkan Kompetensi Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 6 Kota Bengkulu sudah terlaksanakan dengan cukup baik

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Dosen Pembimbing : Elfahmi Lubis, SH, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Implementasi. Pendidikan Politik, kompetensi.
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Mr Muammar Hafiz Khattami
Date Deposited: 04 Feb 2025 03:15
Last Modified: 04 Feb 2025 03:15
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/749

Actions (login required)

View Item View Item