ANALISIS KREATIVITAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMPN 21 KOTA BENGKULU

LESTARI, FABELLA PUJI (2024) ANALISIS KREATIVITAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMPN 21 KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI FABELLA PUJI LESTARI - PRODI PE 2024.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (876kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajran problem based learning dan kreativitas siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di SMPN 21 Kota Bengkulu penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Sumber data dari guru IPS dan siswa kelas VII.Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.Adapun pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL berjalan sesuai rencana dan meningkatkan keterlibatan serta partisipasi aktif siswa. Guru berperan efektif sebagai fasilitator, mendorong siswa untuk berpikir kritis dan kreatif. Selain itu, kreativitas siswa dalam IPS meningkat signifikan, ditandai dengan rasa ingin tahu besar, pertanyaan berbobot, kemampuan menyatakan pendapat spontan, dan daya imajinasi kuat. Lingkungan belajar yang mendukung mendorong siswa untuk aktif bertanya dan berpendapat. Secara keseluruhan, penerapan PBL dan fokus pada kreativitas dalam kurikulum merdeka di SMPN 21 Kota Bengkulu berdampak positif pada kualitas pembelajaran dan pengembangan keterampilan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. H. Zufiyardi, M.Pd Pembimbing 2 : Dra. Suharmi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Siswa,Problem Based Learning,IPS,Kurikulum merdeka belajar
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Muammar Hafiz Khattami
Date Deposited: 25 Sep 2024 06:23
Last Modified: 25 Sep 2024 06:23
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/268

Actions (login required)

View Item View Item