Pauyusutharo, Kevin Dair (2025) The Influence of Using AI Tools in Learning Speaking at English Study Program of Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
KEVIN DAIR PAUYUSUTHARO_1821110008_FULL TEXT.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
KEVIN DAIR PAUYUSUTHARO_1821110008_FULL TEKS+TURNITIN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK + BAB 1)
KEVIN DAIR PAUYSUTHARO_1821110008_ABSTRAK+BAB 1.pdf - Submitted Version Download (637kB) |
|
|
Text (BAB 2)
KEVIN DAIR PAUYUSUTHARO_1821110008_BAB 2.pdf - Submitted Version Download (386kB) |
|
|
Text (BAB 3)
KEVIN DAIR PAUYUSUTHARO_1821110008_BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (332kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
KEVIN DAIR PAUYUSUTHARO_1821110008_BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (348kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
KEVIN DAIR PAUYUSUTHARO_1821110008_BAB 5.pdf - Submitted Version Download (309kB) |
|
|
Text (Ref + Lamp)
KEVIN DAIR PAUYUSUTHARO_1821110008_REF+LAMP.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh penggunaan alat berbasis Artificial Intelligence (AI) terhadap pengembangan keterampilan berbicara bahasa Inggris pada mahasiswa semester dua Program Studi Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada semakin meluasnya integrasi AI dalam pembelajaran bahasa, khususnya untuk mengatasi tantangan dalam keterampilan berbicara seperti pelafalan dan kefasihan. Berdasarkan teori pembelajaran berbantuan AI dari Syafryadin & Safnil (2024), aplikasi AI dianggap efektif dalam meningkatkan performa berbahasa siswa melalui pengalaman yang personal dan interaktif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melibatkan 19 mahasiswa sebagai partisipan. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang terdiri dari pertanyaan tertutup dengan skala Likert serta satu pertanyaan terbuka untuk menggali persepsi dan pengalaman mahasiswa. Hasil temuan menunjukkan bahwa alat AI seperti ChatGPT, ELSA Speak, Duolingo, Google Translate, dan Claude AI berpengaruh positif terhadap pengembangan kemampuan berbicara, khususnya dalam hal peningkatan pelafalan, struktur kalimat, motivasi, dan kepercayaan diri. Umpan balik instan dan kemudahan akses yang ditawarkan oleh alat-alat ini mendorong pembelajaran dan latihan secara mandiri. Kesimpulannya, penggunaan alat AI memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan keterampilan berbicara mahasiswa. Namun, mahasiswa juga mencatat beberapa keterbatasan seperti kurangnya umpan balik emosional dan preferensi terhadap metode pembelajaran tradisional. Oleh karena itu, disarankan agar alat AI digunakan secara strategis dan dikombinasikan dengan metode pembelajaran lain untuk memaksimalkan efektivitas dalam pemerolehan bahasa.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Dosen Pembimbing : Dr. Yupika Maryansyah, S.Pd., M.Pd |
| Uncontrolled Keywords: | alat AI, keterampilan berbicara, pelafalan, motivasi, penelitian kualitatif |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88203-(S1) Pendidikan Bahasa Inggris 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88203-(S1) Pendidikan Bahasa Inggris |
| Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88203-(S1) Pendidikan Bahasa Inggris Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88203-(S1) Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Mrs Hildayani Hildayani |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 04:34 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 04:34 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/2109 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

