Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan agama Islam Pada Peserta Didik di Kelas IV MIN 01 Kota Bengkulu

AZIZAH, NUR (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan agama Islam Pada Peserta Didik di Kelas IV MIN 01 Kota Bengkulu. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
azizah wisuda.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Jurnal Skripsi)
Jurnal Nur Azizah.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (192kB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya penguasaan siswa terhadap mata Pelajaran Fikih salah satu penyebabnya adalah kurang efektifnya metode pembelajaran yang digunakan oleh guru karena hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar Fikih pada siswa kelas IV MIN 01 Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement division (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran pendidikan Agama Islam pada MIN 01 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini yaitu Tindakan Kelas (PTK) dengan Teknik pengumpulan data observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran Student Teams Achievement division (STAD) meningkatkan hasil belajar Fikih pada siswa kelas IV MIN 01 Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan tiap-tiap siklus. Rata-rata nilai KKM pada siswa kelas IV adalah 7,5 % dan siswa pada pra siklus adalah 78,30 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa adalah 72,41%. Nilai rata-rata siswa pada sisklus I meningkat menjadi 79,31 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa adalah 75,86% dan kemudian pada sisklus II, rata-rata nilai yang telah dicapai siswa meningkat menjadi 85,17 dengan persentase ketuntasan hail belajar siswa mencapai 93,10%.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing : Letty Febriana, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Student Teams Achievement Division (STAD), Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 05-Fakultas Agama Islam > 86208-(S1) Pendidikan Agama Islam
05-Fakultas Agama Islam > 86208-(S1) Pendidikan Agama Islam
Divisions: 05-Fakultas Agama Islam > 86208-(S1) Pendidikan Agama Islam
Subjek Terkait > 05-Fakultas Agama Islam > 86208-(S1) Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muammar Hafiz Khattami
Date Deposited: 10 Sep 2024 04:34
Last Modified: 10 Sep 2024 04:34
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/196

Actions (login required)

View Item View Item