SANIA, SANIA (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM APLIKASI PLN MOBILE DALAM PELAYANAN PELANGGAN DI PT.PLN (PERSERO) ULP CURUP. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
Sania_2163201026_Full Skripsi.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
Sania_2163201026_Turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (18MB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK + BAB 1)
Sania_2163201026_ Abstrak & BAB 1.pdf - Submitted Version Download (5MB) |
|
|
Text (BAB 2)
Sania_2163201026_ BAB II.pdf - Submitted Version Download (182kB) |
|
|
Text (BAB 3)
Sania_2163201026_BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (85kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
Sania_2163201026_BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (506kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
Sania_2163201026_BAB V.pdf - Submitted Version Download (43kB) |
|
|
Text (Ref + Lamp)
Sania_2163201026_Daftar Pustaka & Lampiran.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji Implementasi Program Aplikasi PLN Mobile dalam Pelayanan Pelanggan di PT. PLN (Persero) ULP Curup. Aplikasi ini merupakan suatu digital yang bertujuan mempermudah akses layanan kelistrikan secara praktis dan efisien. PT.PLN (Persero) ULP Curup sebagai penerepan untuk Aplikasi PLN Mobile banyak dikenal oleh pelanggan terutamanya penguna listrik dari yang dekat maupun jauh. Namun, pemanfaatannya implementasi Aplikasi ini masih kurang optimal akibat rendahnya literasi digital, minimnya sosialisasi, dan preferensi masyarakat terhadap layanan konvensional. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan model implementasi program David C. Korten. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi dengan informan dari pihak PLN dan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun PLN ULP Curup telah menyediakan infrastruktur dan layananan yang cepat dengan mengunakan Aplikasi PLN Mobile, tantangan utama terletak pada penerimaan masyarakat terhadap aplikasi ini. Faktor pendukung meliputi dukungan manajemen dan kesiapan pelaksana, sementara hambatan utama terdiri dari rendahnya pemahaman masyarakat dan keterbatasan akses teknologi. Indikator hasil penelitian mencakup tingkat penggunaan aplikasi, kepuasan pelanggan, dan efektivitas sosialisasi. Elemen program menunjukkan bahwa fitur aplikasi belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh pelanggan. Elemen pelaksana menunjukkan bahwa staf telah dilatih, tetapi masih membutuhkan pelatihan lanjutan. Elemen sasaran mengindikasikan adanya kesenjangan dalam literasi digital di kalangan pelanggan. Hasil dari penelitian yaitu adalah implementasi aplikasi PLN Mobile di ULP Curup sudah berada di jalur yang tepat, tetapi perlu ada peningkatan dalam edukasi masyarakat, literasi digital, dan responsivitas terhadap keluhan pelanggan. Maka dari itu merekomendasikan PLN untuk lebih aktif melakukan sosialisasi, menyediakan panduan penggunaan yang mudah dipahami, serta memperkuat peran petugas lapangan dalam memberikan edukasi teknologi yang ramah.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Dr. Sri Indarti, S.sos., M.A. M.Si |
| Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Aplikasi, PLN Mobile, Pelayanan Pelanggan. |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-(S1) Administrasi Publik 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-(S1) Administrasi Publik |
| Divisions: | 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-(S1) Administrasi Publik Subjek Terkait > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-(S1) Administrasi Publik |
| Depositing User: | Mr Andeska Ulok Kupai |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 01:02 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 01:02 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1835 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

