KURNIATI, BETI (2025) PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 4 BENGKULU UTARA. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
Beti kurniati_2186208025_FULL TEXT.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
Beti Kurniati_2186208025_Turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK + BAB 1)
Beti kurniati_2186208025_ABSTRAK+BAB 1.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
|
Text (BAB 2)
Beti kurniati_2186208025_BAB 2.pdf - Submitted Version Download (676kB) |
|
|
Text (BAB 3)
Beti kurniati_2186208025_BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (615kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
Beti kurniati_2186208025_BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (766kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
Beti kurniati_2186208025_BAB 5.pdf - Submitted Version Download (615kB) |
|
|
Text (Ref + Lamp)
Beti kurniati_2186208025_REF+LAM.pdf - Submitted Version Download (4MB) |
Abstract
Pembelajaran berdiferensiasi menjadi solusi dalam memenuhi kebutuhan belajar peserta didik yang beragam, terutama dalam konteks penerapan Kurikulum Merdeka. Dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), pendekatan ini memungkinkan proses pembelajaran yang lebih adaptif dan bermakna, menyesuaikan dengan kesiapan, minat, serta gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 4 Bengkulu Utara serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PAI dan siswa kelas X dan XI. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi pada aspek konten, proses, dan produk, meskipun masih menghadapi kendala seperti keterbatasan waktu, pemahaman konsep diferensiasi yang belum merata di kalangan guru, serta keterbatasan sarana. Faktor pendukung utama adalah dukungan dari sekolah sebagai sekolah penggerak Kurikulum Merdeka serta partisipasi aktif siswa dalam proses belajar. Penerapan pendekatan ini terbukti mampu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran PAI secara lebih bermakna.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Dr. Imam Ahmad Amin. AR, M.Psi |
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berdiferensiasi, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka, Pendekatan, Siswa |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 05-Fakultas Agama Islam > 86208-(S1) Pendidikan Agama Islam 05-Fakultas Agama Islam > 86208-(S1) Pendidikan Agama Islam |
| Divisions: | 05-Fakultas Agama Islam > 86208-(S1) Pendidikan Agama Islam Subjek Terkait > 05-Fakultas Agama Islam > 86208-(S1) Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs Atika Ledia Anggraini |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 04:20 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 04:20 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1768 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

