PENGARUH TINGKAT PEMAHAMAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA SISWA SMK NEGERI 1 KOTA BENGKULU

HANDAYANI, MELY (2025) PENGARUH TINGKAT PEMAHAMAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA SISWA SMK NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Fulltext)
MELY HANDAYANI_2187203016_fulltext.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
MELY HANDAYANI_2187203016_Turnitin.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK + BAB 1)
MELY HANDAYANI_2187203016_abstrak+bab I.pdf - Submitted Version

Download (755kB)
[img] Text (BAB 2)
MELY HANDAYANI_2187203016_bab II.pdf - Submitted Version

Download (370kB)
[img] Text (BAB 3)
MELY HANDAYANI_2187203016_bab III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
MELY HANDAYANI_2187203016_bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
MELY HANDAYANI_2187203016_bab V.pdf - Submitted Version

Download (197kB)
[img] Text (Ref + Lamp)
MELY HANDAYANI_2187203016_dapus+lamp.pdf - Submitted Version

Download (640kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pemahaman siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran Akuntansi pada siswa kelas X di SMK Negeri 1 Kota Bengkulu. Latar belakang dari penelitian ini adalah masih ditemukannya siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi akuntansi, yang berdampak pada rendahnya pencapaian hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Sampel penelitian berjumlah 41 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier sederhana dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara tingkat pemahaman terhadap hasil belajar siswa. Meskipun tingkat pengaruhnya termasuk dalam kategori rendah, hal ini tetap menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat pemahaman siswa, maka cenderung semakin baik pula hasil belajarnya. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa tingkat pemahaman memberikan kontribusi sebesar 4,3% terhadap hasil belajar, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif tingkat pemahaman terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi, meskipun dalam tingkat yang rendah. Hasil ini dapat menjadi acuan bagi pendidik untuk meningkatkan pemahaman siswa sebagai upaya memperbaiki pencapaian belajar mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing 1 :Drs. Sazili, M.Pd. Pembimbing 2 : Ayudho Selviani, S.Pd. M.Ak
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pemahaman, Hasil Belajar, Akuntansi
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Hildayani Hildayani
Date Deposited: 01 Oct 2025 03:27
Last Modified: 01 Oct 2025 03:27
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1692

Actions (login required)

View Item View Item