RAHMAWATI, HAMIDILLAH RIDHA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBASIS APLIKASI NEARPOD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
HAMIDILLAH RIDHA RAHMAWATI_2184205010_Fulltext.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
HAMIDILLAH RIDHA RAHMAWATI_2184205010_Turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK + BAB 1)
HAMIDILLAH RIDHA RAHMAWATI_2184205010_ABSTRAK + BAB 1.pdf - Submitted Version Download (652kB) |
|
|
Text (BAB 2)
HAMIDILLAH RIDHA RAHMAWATI_2184205010_BAB 2.pdf - Submitted Version Download (417kB) |
|
|
Text (BAB 3)
HAMIDILLAH RIDHA RAHMAWATI_2184205010_BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (390kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
HAMIDILLAH RIDHA RAHMAWATI_2184205010_BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (546kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
HAMIDILLAH RIDHA RAHMAWATI_2184205010_BAB 5.pdf - Submitted Version Download (285kB) |
|
|
Text (Ref + Lamp)
HAMIDILLAH RIDHA RAHMAWATI_2184205010_Ref+Lamp.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran abad ke-21 menekankan perubahan pendekatan dari teachercentered ke student-centered, dengan fokus pada pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Untuk mendukung hal tersebut, perlu adanya integrasi teknologi pada model pembelajaran seperti learning cycle 5E berbasis aplikasi nearpod. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E berbasis aplikasi nearpod terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain non-randomized control group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 74 siswa SMA Negeri 7 Kota Bengkulu yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kontrol dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa tes essay sebanyak lima soal untuk masingmasing kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi untuk kemampuan berpikir kritis sebesar 0,000 < 0,05 serta Thitung 7,547 lebih besar dari Ttabel 1,994. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi untuk kemampuan berpikir kreatif sebesar 0,000 < 0,05 serta Thitung 4,919 lebih besar dari Ttabel 1,994. Dengan demikian, terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran learning cycle 5E berbasis aplikasi nearpod terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Model learning cycle 5E memiliki tahapan-tahapan pembelajaran yang sistematis sehingga mendorong siswa berpikir secara mendalam.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Dr. Jayanti Syahfitri, M.Pd dan Dr. Mariana Ade Cahaya, M.Pd |
| Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, Learning Cycle 5E, Nearpod. |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi |
| Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mrs Hildayani Hildayani |
| Date Deposited: | 25 Sep 2025 06:33 |
| Last Modified: | 25 Sep 2025 06:33 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1688 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

