Putri, Annesa (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN MENJELAJAH SEL DI SMA NEGERI 6 BENGKULU SELATAN. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
ANNESA PUTRI_2084205014_Fulltext.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
ANNESA PUTRI_2084205014_Turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK + BAB 1)
ANNESA PUTRI_2084205014_Abstrak+BAB 1.pdf - Submitted Version Download (472kB) |
|
|
Text (BAB 2)
ANNESA PUTRI_2084205014_BAB 2.pdf - Submitted Version Download (185kB) |
|
|
Text (BAB 3)
ANNESA PUTRI_2084205014_BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (282kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
ANNESA PUTRI_2084205014_BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (226kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
ANNESA PUTRI_2084205014_BAB 5.pdf - Submitted Version Download (7kB) |
|
|
Text (Ref + Lamp)
ANNESA PUTRI_2084205014_Reff+Lamp.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Talking Stick terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi kelas XI di SMA Negeri 6 Bengkulu Selatan. Penelitian ini dilakukan dengan model penelitian kuantitatif, dengan sampel kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah instrumen lembar observasi/pengamatan untuk melihat aktivitas siswa dan tes berupa soal pilihan untuk mengukur kemampuan hasil belajar peserta didik. Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar kognitif siswa dan keterlaksanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan signifikan sebesar 0,069 (0,069>0,05) dan uji homogenitas dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Nilai postes pada kelas pembelajaran talking stick (eksperimen) nilai terendah 63, nilai tertinggi 93, nilai rata-rata 79,55. Pada kelas kontrol diperoleh nilai terendah 63, nilai tertinggi 80, nilai rata-rata 70,76. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan hasil belajar kognitif biologi antara kelompok eksperimen yang menerapkan talking stick dan kelompok kontrol dengan pembelajaran yang biasa dilakukan guru yaitu ceramah dan tanya jawab.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing 1 : Dr. Irwandi, M.Pd Pembimbing 2 : Mega Sari Apriniarti, M.Si |
| Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Talking Stick |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi |
| Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mr Andeska Ulok Kupai |
| Date Deposited: | 25 Sep 2025 06:34 |
| Last Modified: | 25 Sep 2025 06:34 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1678 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

