OKTARINI, ANISA (2025) ANALISIS DAMPAK DURASI BERMAIN GAME ONLINE TERHADA KETAJAMAN PENGLIHATAN PADA ANAK REMAJA DI DESA UJUNG KARANG. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
Anisa Oktarini 2113201019 Skripsi Full.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
Anisa Oktarini 2113201019 Skripsi Full & turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK + BAB 1)
Anisa Oktarini 2113201019 Abstrak & Bab l.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
|
Text (BAB 2)
Anisa Oktarini 2113201019 Bab ll.pdf - Submitted Version Download (513kB) |
|
|
Text (BAB 3)
Anisa Oktarini 2113201019 Bab lll.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (457kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
Anisa Oktarini 2113201019 Bab lv.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (345kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
Anisa Oktarini 2113201019 Bab v.pdf - Submitted Version Download (334kB) |
|
|
Text (Ref + Lamp)
Anisa Oktarini 2113201019 Referensi dan lampiran.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
Abstract
Game online merupakan jenis game yang melibatkan beberapa pengguna internet di berbagai tempat saling terhubung, di Desa Ujung Karang remaja bermain game online lebih dari 5 jam/hari sehingga mengalami menurunnya ketajaman penglihatan akibat kebiasaan bermain game secara berlebihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji durasi bermain game online dan Ketajaman pengelihatan pada remaja di Desa Ujung Karang. Penelitian ini menggunakan observasional analitik dengan pendekatan case control. Desain case control digunakan untuk menilai berapa besarkan risiko terhadap Ketajaman pengelihatan pada remaja di Desa Ujung Karang dan mengumpulkan sampel secara purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu yang ditentukan oleh peneliti. Dari hasil penelitian diketahui uji chi-square dapat diketahui nilai p value sebesar 0,043 dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara variabel durasi bermain game online dengan variabel penglihatan mata pada remaja Di Desa Unung Karang dan nilai OR didapatkan 4.375 bahwa durasi bermain game online berpengaruh terhadap penglihatan mata pada remaja Di Desa Ujung Karang. Disarankan untuk membatasi durasi bermain game online agar tidak berlebihan, serta rutin melakukan istirahat mata selama bermain, seperti menerapkan aturan 20-20-20 (setiap 20 menit melihat layar, alihkan pandangan ke objek yang berjarak 20 kaki selama 20 detik) untuk mengurangi risiko Ketajaman pengelihatan.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : HASAN HUSIN, S.Pt, M.Kes |
| Uncontrolled Keywords: | Game online, Remaja, Ketajaman pengelihatan |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 01-Fakultas Ilmu Kesehatan > 13201-(S1) Kesehatan Masyarakat 01-Fakultas Ilmu Kesehatan > 13201-(S1) Kesehatan Masyarakat |
| Divisions: | 01-Fakultas Ilmu Kesehatan > 13201-(S1) Kesehatan Masyarakat Subjek Terkait > 01-Fakultas Ilmu Kesehatan > 13201-(S1) Kesehatan Masyarakat |
| Depositing User: | Mr Andeska Ulok Kupai |
| Date Deposited: | 30 Sep 2025 03:38 |
| Last Modified: | 30 Sep 2025 03:38 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1664 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

