Oktarina, Kiki (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
Kiki Oktarina NPM_ 2184202004_FULL TEXT.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
TURNITIN KIKI.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK + BAB 1)
Kiki Oktarina NPM_ 2184202004_ABSTRAK+BAB I.pdf - Submitted Version Download (954kB) |
|
|
Text (BAB 2)
Kiki Oktarina NPM_ 2184202004_BAB II.pdf - Submitted Version Download (11MB) |
|
|
Text (BAB 3)
Kiki Oktarina NPM_ 2184202004_BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (516kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
Kiki Oktarina NPM_ 2184202004_BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
Kiki Oktarina NPM_ 2184202004_BAB V.pdf - Submitted Version Download (260kB) |
|
|
Text (Ref + Lamp)
Kiki Oktarina NPM_ 2184202004_REF+LAMP.pdf - Submitted Version Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) guna memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP pada materi statistika. Latar belakang penelitian didasarkan pada rendahnya minat belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa, serta keterbatasan bahan ajar yang menarik, kontekstual, dan sesuai karakteristik Kurikulum Merdeka. Model penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan tahapan pengembangan 3- D (Define, Design, Develop) yang dimodifikasi dari model 4-D Thiagarajan. Subjek penelitian adalah 19 siswa kelas VIII A SMP Negeri 7 Bengkulu Tengah. Data dikumpulkan melalui wawancara, lembar validasi, dan angket kepraktisan, lalu dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil validasi oleh tiga ahli (dua dosen dan satu guru) menunjukkan tingkat kevalidan e-modul sebesar 97,08% (kategori sangat valid). Sementara itu, uji coba kepraktisan oleh siswa menunjukkan persentase sebesar 95,37% (kategori sangat praktis). Dengan demikian, e-modul berbasis PBL yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan layak digunakan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merekomendasikan integrasi e-modul berbasis PBL dalam kegiatan pembelajaran untuk menciptakan suasana belajar yang lebih aktif, interaktif, dan kontekstual.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Mardiah Syofiana, M.Pd dan Selvi Riwayati, S.Si, M.Pd |
| Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Problem Based Learning (PBL), Berpikir Kritis, Statistika, Pengembangan Bahan Ajar. |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika |
| Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Hildayani Hildayani |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:59 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 02:59 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1637 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

