PELESTARIAN BAHASA REJANG SEBAGAI UPAYA PENGENALAN IDENTITAS NASIONAL PADA SISWA SDN 49 BENGKULU TENGAH

OTOPIA, YOPITA SARI (2025) PELESTARIAN BAHASA REJANG SEBAGAI UPAYA PENGENALAN IDENTITAS NASIONAL PADA SISWA SDN 49 BENGKULU TENGAH. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Fulltext)
YOPITA SARI OTOPIA_2187205013_Fulltext.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
YOPITA SARI OTOPIA_2187205013_Turnitin.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK + BAB 1)
YOPITA SARI OTOPIA_2187205013_Abstrak+BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (564kB)
[img] Text (BAB 2)
YOPITA SARI OTOPIA_2187205013_BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (261kB)
[img] Text (BAB 3)
YOPITA SARI OTOPIA_2187205013_BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
YOPITA SARI OTOPIA_2187205013_BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
YOPITA SARI OTOPIA_2187205013_BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (149kB)
[img] Text (Ref + Lamp)
YOPITA SARI OTOPIA_2187205013_Reff+Lamp.pdf - Submitted Version

Download (958kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya pelestarian bahasa Rejang sebagai bagian dari pengenalan identitas nasional pada siswa SDN 49 Bengkulu Tengah. Bahasa daerah merupakan bagian penting dari warisan budaya bangsa dan memiliki peran strategis dalam membentuk identitas nasional. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mulai terkikisnya penggunaan bahasa Rejang di kalangan generasi muda sehingga diperlukan langkah konkret untuk melestarikannya melalui lembaga pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, dan siswa. Data dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelestarian bahasa Rejang di SDN 49 Bengkulu Tengah dilakukan melalui pembelajaran muatan lokal, kegiatan ekstrakurikuler, serta integrasi dalam kegiatan sekolah. Guru berperan aktif dalam memperkenalkan kosa kata dan percakapan sederhana dalam bahasa Rejang. Hambatan yang dihadapi meliputi kurangnya media pembelajaran dan masih rendahnya minat siswa menggunakan bahasa daerah. Namun demikian, dukungan dari sekolah dan keterlibatan masyarakat menjadi faktor pendorong dalam keberlangsungan program pelestarian ini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sekolah memiliki peran penting dalam pelestarian bahasa daerah sebagai bagian dari penguatan identitas nasional. Diperlukan sinergi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat untuk menjaga eksistensi bahasa Rejang sebagai warisan budaya yang berharga.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing : Drs. Syarkati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pelestarian, Bahasa Rejang, Identitas Nasional, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Mrs Hildayani Hildayani
Date Deposited: 26 Sep 2025 06:15
Last Modified: 26 Sep 2025 06:15
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1614

Actions (login required)

View Item View Item