FIONA, MUTIARA OKTA (2025) IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI UNTUK PENJUALAN HANDPHONE DAN AKSESORIS HANDPHONE (Studi Kasus : Ghafi Cell Kaur). Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
MUTIARA OKTA FIONA_2155201239 _ Fulltext .pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
MUTIARA OKTA FIONA_2155201239 _ Turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK + BAB 1)
MUTIARA OKTA FIONA_2155201239 _ Abstrak & BAB 1.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
|
Text (BAB 2)
MUTIARA OKTA FIONA_2155201239 _ B AB 2.pdf - Submitted Version Download (245kB) |
|
|
Text (BAB 3)
MUTIARA OKTA FIONA_2155201239 _ BAB 3 .pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (423kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
MUTIARA OKTA FIONA_2155201239 _ BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (650kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
MUTIARA OKTA FIONA_2155201239 _ BAB 5.pdf - Submitted Version Download (231kB) |
|
|
Text (Ref + Lamp)
MUTIARA OKTA FIONA_2155201239 _ Referensi & Lampiran.pdf - Submitted Version Download (215kB) |
Abstract
Dalam industri penjualan suku cadang dan aksesori handphone, pola pembelian menjadi aspek krusial untuk meningkatkan strategi pemasaran dan efisiensi bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan algoritma Apriori dalam mengidentifikasi tren penjualan suku cadang dan aksesori handphone di sebuah perusahaan. Algoritma Apriori digunakan untuk mengidentifikasi hubungan atau asosiasi antara produk serta faktor-faktor yang memengaruhi volume penjualan. Metode penelitian mencakup pengumpulan data primer melalui wawancara dengan pelanggan dan distributor, serta data sekunder berupa laporan penjualan perusahaan. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan algoritma Apriori untuk menemukan pola atau asosiasi yang sering muncul dalam transaksi. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah teridentifikasinya pola penjualan yang memberikan wawasan lebih mendalam mengenai faktor-faktor yang memengaruhi permintaan dan penawaran suku cadang serta aksesori handphone. Dengan wawasan ini, perusahaan dapat mengambil keputusan yang lebih akurat dalam strategi pemasaran, penentuan harga, serta pengelolaan stok. Penelitian ini tidak hanya berfokus pada identifikasi pola pembelian, tetapi juga bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih luas mengenai preferensi konsumen dan kecenderungan pasar. Dengan menganalisis kombinasi produk yang sering dibeli secara bersamaan, perusahaan dapat merancang promosi bundling yang lebih efektif serta mengoptimalkan penempatan produk di toko fisik maupun platform daring. Selain itu, hasil dari penerapan algoritma Apriori juga dapat digunakan untuk meramalkan tren pembelian di masa depan, yang membantu dalam perencanaan inventaris dan pengurangan risiko kelebihan atau kekurangan stok. Implementasi pendekatan ini menjadi langkah strategis dalam transformasi digital bisnis dan diharapkan dapat berkontribusi pada pengelolaan penjualan suku cadang dan aksesori handphone serta menjadi referensi bagi industri lain yang ingin menerapkan analisis berbasis data untuk meningkatkan kinerja bisnis mereka.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Dr. Yulia Darmi, S. Kom., M. Kom |
| Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Apriori, Penjualan Handphone, Pemasaran |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika |
| Divisions: | 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika Subjek Terkait > 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika |
| Depositing User: | Mrs Hildayani Hildayani |
| Date Deposited: | 26 Sep 2025 04:08 |
| Last Modified: | 26 Sep 2025 04:08 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1595 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

