Maringga, Gleichenia (2025) PENERAPAN METODE AHP DALAM PENILAIAN KINERJA DOSEN PADA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
Gleichenia Maringga_2157201017_ Fulltext.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
Gleichenia Maringga_2157201017_ Turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (28MB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK + BAB 1)
Gleichenia Maringga_2157201017_ Abstrak & BAB 1.pdf - Submitted Version Download (6MB) |
|
|
Text (BAB 2)
Gleichenia Maringga_2157201017_ BAB 2.pdf - Submitted Version Download (6MB) |
|
|
Text (BAB 3)
Gleichenia Maringga_2157201017_ BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
Gleichenia Maringga_2157201017_ BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
Gleichenia Maringga_2157201017_ BAB 5.pdf - Submitted Version Download (6MB) |
|
|
Text (Ref + Lamp)
Gleichenia Maringga_2157201017_Referensi & Lampiran.pdf - Submitted Version Download (6MB) |
Abstract
Penilaian kinerja dosen merupakan bagian penting dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan tinggi. Namun, proses evaluasi seringkali menghadapi kendala subjektivitas dan tidak konsistenan dalam penentuan bobot kriteria. Penelitian ini bertujuan untuk merancang model penilaian kinerja dosen yang objektif, sistematis, dan terukur dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Proses AHP dilakukan melalui perbandingan berpasangan antar elemen untuk memperoleh bobot prioritas, diikuti pengujian konsistensi dengan hasil rasio konsistensi (CR) sebesar (0,04), yang menandakan penilaian valid dan konsisten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria Pendidikan dan Pengajaran serta Penelitian memiliki bobot tertinggi (0,29), menjadikannya aspek paling dominan dalam evaluasi. Subkriteria Mengembangkan Bahan Kuliah memiliki bobot global tertinggi (142,70), yang menunjukkan pentingnya inovasi dalam materi ajar. Dari 20 Dosen yang dievaluasi, Dosen 7 memperoleh skor tertinggi (87,5526). Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode AHP dapat digunakan sebagai alat bantu keputusan yang efektif dalam sistem evaluasi kinerja dosen, serta dapat dijadikan acuan dalam pengembangan sistem penilaian yang lebih adil dan transparan.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Monsya Juansen, S. Kom., M.Kom |
| Uncontrolled Keywords: | AHP, Penilaian Kinerja Dosen, Universitas Muhammadiyah, Pengajaran, Evaluasi Kinerja |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 02-Fakultas Teknik > 57201-(S1) Sistem Informasi 02-Fakultas Teknik > 57201-(S1) Sistem Informasi |
| Divisions: | 02-Fakultas Teknik > 57201-(S1) Sistem Informasi Subjek Terkait > 02-Fakultas Teknik > 57201-(S1) Sistem Informasi |
| Depositing User: | Mrs Hildayani Hildayani |
| Date Deposited: | 26 Sep 2025 03:20 |
| Last Modified: | 26 Sep 2025 03:20 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1580 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

