PENINGKATAN DAYA TARIK DAN EFEKTIFITAS PEMASARAN PADA BISNIS MENGGUNAKAN ANIMASI 3D DENGAN METODE MDLC

Lavensi, Rexsy (2025) PENINGKATAN DAYA TARIK DAN EFEKTIFITAS PEMASARAN PADA BISNIS MENGGUNAKAN ANIMASI 3D DENGAN METODE MDLC. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
Rexsy Lavensi_2155201100_Fulltext.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
Rexsy Lavensi_2155201100_Turnitin_compressed.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak+BAB 1)
Rexsy Lavensi_2155201100_Abstrak + BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
Rexsy Lavensi_2155201100_BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (14kB)
[img] Text (BAB 3)
Rexsy Lavensi_2155201100_BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (39kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
Rexsy Lavensi_2155201100_BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (978kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
Rexsy Lavensi_2155201100_BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (10kB)
[img] Text (Ref+Lamp)
Rexsy Lavensi_2155201100_Ref + Lamp.pdf - Submitted Version

Download (80kB)

Abstract

Promosi yang menarik dan efektif menjadi kebutuhan penting dalam meningkatkan daya saing produk lokal di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media promosi berbasis animasi 3D guna meningkatkan daya tarik dan efektivitas pemasaran produk Rendang Lokan di Mukomuko. Metode yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video animasi 3D mampu menarik perhatian konsumen dan menyampaikan informasi produk dengan jelas. Evaluasi melalui kuesioner terhadap 131 responden menunjukkan bahwa seluruh aspek yang diukur, seperti daya tarik visual, minat beli, pemahaman produk, dan daya ingat, memperoleh nilai rata-rata di atas 4,9 dari skala 5. Temuan ini menunjukkan bahwa media animasi 3D sangat efektif dalam meningkatkan kualitas promosi produk lokal. Dengan demikian, animasi 3D merupakan solusi inovatif yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk memperkuat strategi pemasaran dan menyesuaikan diri dengan tren promosi digital saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Imanullah, S.Kom., M.T.
Uncontrolled Keywords: Animasi 3D, MDLC, Promosi Digital, Pemasaran, Rendang Lokan
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika
02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika
Divisions: 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika
Subjek Terkait > 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika
Depositing User: Mrs Atika Ledia Anggraini
Date Deposited: 20 Aug 2025 03:52
Last Modified: 20 Aug 2025 03:52
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1427

Actions (login required)

View Item View Item