SOSIOLOGI PENDIDIKAN ISLAM Konteks & Tantangan

Rifa‟i, Rifa‟i (2025) SOSIOLOGI PENDIDIKAN ISLAM Konteks & Tantangan. ABAD Cakrawala Nusantara, Jalan Raden Fatah, Taman Sukarami Permai Kecamatan Selebar Kota Bengkulu. ISBN 978-634-04-0696-2

[img] Text (E-BOOK)
Buku SOS PENDIDIKAN ISLAM Lengkap Dr. Rifa'i.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Sosiologi pendidikan adalah sub-bidang yang didedikasikan untuk memahami hubungan rumit antara pendidikan dan masyarakat. Ini mengkaji pendidikan tidak hanya sebagai proses perolehan pengetahuan tetapi sebagai lembaga sosial yang kompleks yang secara mendalam dibentuk oleh dan, pada gilirannya, membentuk struktur sosial, nilai, dan kekuasaan (Arifin, 2020; Daimah & Pambudi, 2018). Fokus inti bidang ini terletak pada interaksi sosial dalam lingkungan pendidikan, menganalisis sekolah sebagai kelompok sosial dan pendidikan itu sendiri sebagai lembaga sosial (Arifin, 2020; Daimah & Pambudi, 2018). Ini melibatkan pemeriksaan bagaimana kekuatan sosial memengaruhi proses pendidikan, termasuk pengembangan kurikulum, metodologi pengajaran, pembelajaran siswa, dan hasil pendidikan secara keseluruhan

Item Type: Book
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 69201-(S1) Sosiologi
08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 69201-(S1) Sosiologi
Divisions: 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 69201-(S1) Sosiologi
Subjek Terkait > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 69201-(S1) Sosiologi
Depositing User: Mr Muammar Hafiz Khattami
Date Deposited: 21 Jul 2025 06:59
Last Modified: 22 Jul 2025 01:28
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1342

Actions (login required)

View Item View Item