OKTAVIANDA, MUHAMMAD REZA (2025) TINJAUAN HUKUM PENGELOLA PARKIR TERHADAP KEHILANGAN BARANG BERDASARKAN PASAL 18 UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DI SPORT CENTER PANTAI KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (fulltext)
MUHAMMAD REZA OKTAVIANDA_2074201017_Fulltext.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Turnitin)
MUHAMMAD REZA OKTAVIANDA_2074201017_Turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (bab 1)
MUHAMMAD REZA OKTAVIANDA_2074201017_ABSTRAK+BAB 1.pdf - Submitted Version Download (884kB) |
![]() |
Text (bab 2)
MUHAMMAD REZA OKTAVIANDA_2074201017_BAB 1.pdf - Submitted Version Download (313kB) |
![]() |
Text (bab 3)
MUHAMMAD REZA OKTAVIANDA_2074201017_BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (134kB) | Request a copy |
![]() |
Text (bab 4)
MUHAMMAD REZA OKTAVIANDA_2074201017_BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (136kB) | Request a copy |
![]() |
Text (bab 5)
MUHAMMAD REZA OKTAVIANDA_2074201017_BAB 5.pdf - Submitted Version Download (85kB) |
Abstract
Berdasarkan Pasal 18 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, penelitian ini mengkaji pengalihan tanggung jawab atas kehilangan barang dalam pengelolaan parkir di Sport Center Pantai Kota Bengkulu. Penelitian ini sebagian besar berfokus pada hubungan hukum antara pengelola parkir dan orang yang menggunakan layanan parkir. Selain itu, penelitian ini juga menyelidiki sejauh mana klausula baku yang sering digunakan di layanan parkir dapat membatasi atau mengalihkan tanggung jawab pengelola terhadap kehilangan barang pelanggan. Penelitian hukum normatif menggunakan pendekatan perundang-undangan dan konseptual. Data diperoleh melalui penelitian kepustakaan yang mencakup peraturan perundang-undangan, doktrin hukum, dan keputusan pengadilan yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelola parkir memiliki kewajiban hukum untuk bertanggung jawab atas kehilangan mobil dan barang di dalamnya, seperti yang diatur dalam KUH Perdata tentang perjanjian penitipan barang. Namun, penelitian ini menemukan bahwa dalam praktiknya, banyak pengelola parkir mencantumkan klausula baku yang membebaskan mereka dari tanggung jawab. Ini bertentangan dengan ketentuan perlindungan konsumen dalam Pasal 18 Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa klausula baku yang mengalihkan tanggung jawab pengelola parkir atas kehilangan barang tidak sah secara hukum. Oleh karena itu, hak-haknya sebagai pengguna jasa parkir harus lebih dilindungi dengan pengawasan pemerintah daerah lebih lanjut dan kesadaran hukum yang lebih tinggi bagi konsumen
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Hendi Sastra Putra, S.H., M.H |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: perlindungan konsumen, parkir, pengelola parkir |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 06-Fakultas Hukum > 74201-(S1) Ilmu Hukum 06-Fakultas Hukum > 74201-(S1) Ilmu Hukum |
Divisions: | 06-Fakultas Hukum > 74201-(S1) Ilmu Hukum Subjek Terkait > 06-Fakultas Hukum > 74201-(S1) Ilmu Hukum |
Depositing User: | Mr Andeska Ulok Kupai |
Date Deposited: | 23 Aug 2025 02:32 |
Last Modified: | 23 Aug 2025 02:32 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1251 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |