PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS STAD TERINTEGRASI TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

Yusdiarti, Mezi (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS STAD TERINTEGRASI TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA. Tesis (Masters) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
MEZI YUSDIARTI_2384105005_Fulltext.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
MEZI YUSDIARTI_2384105005_Turnitin.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
MEZI YUSDIARTI_2384105005_ABSTRAK+BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (540kB)
[img] Text (BAB II)
MEZI YUSDIARTI_2384105005_BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (213kB)
[img] Text (BAB III)
MEZI YUSDIARTI_2384105005_BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
MEZI YUSDIARTI_2384105005_BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
MEZI YUSDIARTI_2384105005_BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (86kB)
[img] Text (Referensi+Lampiran)
MEZI YUSDIARTI_2384105005_Ref+Lamp.pdf - Submitted Version

Download (703kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahan ajar berbasis STAD terintegrasi TikTok yang valid dalam meningkatkan hasil dan motivasi belajar mahasiswa sehingga layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tahap analysis dilakukan analisis kebutuhan, analisis karakteristik bahan ajar, analisis kurikulum, dan analisis teknologi. Tahap design, dilakukan perancangan perancangan materi, RPS, spesifikasi teknologi media, dan rancangan awal produk. Tahap development dilakukan validasi dan revisi yang melibatkan ahli media dan ahli materi. Validasi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahan ajar berbasis STAD terintegrasi TikTok yang valid dalam meningkatkan hasil dan motivasi belajar mahasiswa sehingga layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tahap analysis dilakukan analisis kebutuhan, analisis karakteristik bahan ajar, analisis kurikulum, dan analisis teknologi. Tahap design, dilakukan perancangan perancangan materi, RPS, spesifikasi teknologi media, dan rancangan awal produk. Tahap development dilakukan validasi dan revisi yang melibatkan ahli media dan ahli materi. Validasi ahli media mendapatkan nilai ratarata 83,75% (sangat valid) dan validasi materi mendapatkan nilai rata-rata 90% (sangat valid). Tahap implementation dilakukan uji coba pada mahasiswa pendidikan biologi semester 1 matakuliah ekologi hewan. Uji coba terdiri dari uji coba terbatas melibatkan 6 mahasiswa dengan mendapatkan nilai rata-rata 82% (sangat praktis) dan uji coba luas melibatkan 28 mahasiswa dengan mendapatkan nilai 89% (sangat praktis). Dan tahap evaluation dilakukan pada setiap tahapan pengembangan. Berdasarkan proses pengembangan dan penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan berbasis STAD terintegrasi TikTok mampu meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan hasil belajar mahasiswa secara signifikan. Dengan pendekatan yang lebih interaktif dan berbasis teknologi, model pembelajaran ini dapat menjadi solusi dalam pembelajaran abad ke-21.ahli media mendapatkan nilai ratarata 83,75% (sangat valid) dan validasi materi mendapatkan nilai rata-rata 90% (sangat valid). Tahap implementation dilakukan uji coba pada mahasiswa pendidikan biologi semester 1 matakuliah ekologi hewan. Uji coba terdiri dari uji coba terbatas melibatkan 6 mahasiswa dengan mendapatkan nilai rata-rata 82% (sangat praktis) dan uji coba luas melibatkan 28 mahasiswa dengan mendapatkan nilai 89% (sangat praktis). Dan tahap evaluation dilakukan pada setiap tahapan pengembangan. Berdasarkan proses pengembangan dan penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan berbasis STAD terintegrasi TikTok mampu meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan hasil belajar mahasiswa secara signifikan. Dengan pendekatan yang lebih interaktif dan berbasis teknologi, model pembelajaran ini dapat menjadi solusi dalam pembelajaran abad ke-21.

Item Type: Thesis (Tesis (Masters))
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Tomi Hidayat, M.Pd Pembimbing 2 : Dr. Jayanti Syafitri, M.Pd
Uncontrolled Keywords: STAD, tiktok, hasil belajar, motivasi belajar
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi
09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi
Divisions: 09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi
Subjek Terkait > 09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Muammar Hafiz Khattami
Date Deposited: 25 Mar 2025 03:37
Last Modified: 25 Mar 2025 03:37
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/962

Actions (login required)

View Item View Item