PERBEDAAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MENGGUNAKAN MODEL PBL DAN PjBL BERBASIS APLIKASI PLANTNET DALAM PEMBELAJARAN IPA

Rozali, M (2025) PERBEDAAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MENGGUNAKAN MODEL PBL DAN PjBL BERBASIS APLIKASI PLANTNET DALAM PEMBELAJARAN IPA. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
M.Rozali_2384105006_Fulltext.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
M.Rozali_2384105006_Turnitin.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
M. Rozali_2384105006_Abstrak+BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (883kB)
[img] Text (BAB II)
M. Rozali_2384105006_BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (261kB)
[img] Text (BAB III)
M. Rozali_2384105006_BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
M. Rozali_2384105006_BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
M. Rozali_2384105006_BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (36kB)
[img] Text (Referensi+Lampiran)
M. Rozali_2384105006_Ref+Lamp.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran IPA di tingkat SMP menghadapi tantangan dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa, terutama pada materi keanekaragaman hayati. Model pembelajaran inovatif seperti Problem-Based Learning (PBL) dan Project-Based Learning (PjBL) berbasis aplikasi PlantNet diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan model PBL dan PjBL berbasis PlantNet dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasiexperiment). Sampel terdiri dari tiga kelas di SMP Negeri 2 Kota Bengkulu, yaitu kelas eksperimen 1 (PBL dengan PlantNet), kelas eksperimen 2 (PjBL dengan PlantNet), dan kelas kontrol (Direct Instruction). Pengukuran dilakukan dengan angket motivasi skala Likert 4 dan tes hasil belajar kognitif (pre-test dan post-test). Data dianalisis menggunakan uji KruskalWallis dan uji Mann-Whitney U untuk melihat perbedaan antara kelompok perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam motivasi belajar antara kelompok yang menggunakan PBL dan PjBL berbasis PlantNet (p < 0,05), dengan PjBL memiliki rata-rata skor motivasi lebih tinggi. Hasil belajar kognitif siswa juga menunjukkan perbedaan yang signifikan (p < 0,05), di mana PBL lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar dibandingkan PjBL. Hal ini menunjukkan bahwa model PjBL lebih efektif dalam meningkatkan motivasi belajar, sementara model PBL lebih optimal dalam meningkatkan hasil belajar kognitif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis teknologi seperti PBL dan PjBL dengan PlantNet dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa guru dapat mengintegrasikan model PBL dan PjBL berbasis aplikasi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran IPA di SMP.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Tomi Hidayat,M.Pd, Pembimbing 2 : Dr. Nopriyeni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Problem-Based Learning, Project-Based Learning, PlantNet, motivasi belajar, hasil belajar kognitif, pembelajaran IPA
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi
09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi
Divisions: 09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi
Subjek Terkait > 09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Muammar Hafiz Khattami
Date Deposited: 22 Mar 2025 02:41
Last Modified: 22 Mar 2025 02:41
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/937

Actions (login required)

View Item View Item